Bagikan:

JAKARTA - Kabar duka datang dari franchise Harry Potter. Aktor Michael Gambon yang memerankan Profesor Albus Dumbledore meninggal dunia pada Kamis, 28 September karena penyakit pneumonia.

Duka cita dirasakan penggemar Harry Potter di seluruh dunia, begitu juga dengan para pemain Harry Potter yang berakting bersama selama hampir 10 tahun. Secara terpisah, mereka merilis pernyataan belasungkawa atas kepergian sang aktor.

“Atas kepergian Michael Gambon, dunia menjadi kurang menyenangkan. Michael Gambon adalah salah satu aktor brilian yang saya beruntung bisa bekerja sama. Hal yang saya paling ingat tentang dia adalah betapa dia menyenangkan dalam bekerja,” kata Daniel Radcliffe, pemeran Harry Potter dalam pernyataan mengutip Deadline pada hari ini, Jumat, 29 September.

“Enam film di mana saya menghabiskan waktu bekerja dengan Michael dan meluangkan berjam-jam di depan layar hijau bersama sangat menyenangkan. Saya sedih dia meninggal dunia, tapi saya bersyukur atas fakta saya adalah salah satu orang beruntung yang bekerja dengan dia,” katanya.

Penulis buku Harry Potter, J.K. Rowling juga mengenang momen pertama kali melihat Michael Gambon sebelum ia bergabung dengan franchise itu.

“Pertama kali saya melihat dia di King Lear, tahun 1982, dan jika Anda memberi tahu saya bahwa aktor brilian itu akan muncul dalam apa pun yang saya tulis, saya akan mengira Anda gila. Michael adalah pria yang luar biasa selain menjadi aktor yang luar biasa, dan saya sangat senang bekerja dengannya,” kata J.K. Rowling.

Rupert Grint mengunggah foto Gambon dan menuliskan, “Sangat bersedih atas kabar Michael. Dia membawa kehangatan setiap hari di set. Dia memikat saya sebagai seorang anak dan menjadi panutan saya dan mencari sisi eksentrik dan menyenangkan dalam hidup. Mengirimkan cinta kepada keluarganya.”

David Yates, sutradara empat film Harry Potter menuliskan, “Michael adalah aktor yang nakal, ceria, namun juga sangat bijaksana. Saya merasa dia merasa bingung, agak geli, dengan semua keributan dan kehebohan seputar dunia Potter, namun dia mencurahkan isi hatinya untuk menciptakan Dumbledore yang mengesankan, subversif, dan penuh perasaan.”

James Phelps yang memerankan Fred Weasley mengatakan, “Berduka atas kepergian Michael Gambon. Di luar atau di bawah radar kamera, dia adalah legenda.”

Fiona Shaw yang berperan sebagai Petunia Dursley mengungkap, “Saya akan menganggapnya sebagai seorang penipu, seorang penipu yang brilian dan hebat. Tidak ada yang seperti dia, dia bisa melakukan apa saja.”

Michael Gambon meninggal dunia pada Kamis, 28 September 2023 karena pneumonia. Ia dikenal sebagai Profesor Albus Dumbledore yang menggantikan mendiang Richard Harris di tahun 2003. Kemudian, ia membintang enam film Harry Potter selanjutnya.