Bagikan:

JAKARTA - Aktor Danny Masterson dihukum 30 tahun penjara karena terbukti bersalah melakukan pelecehan seksual. Sehari setelah vonis diumumkan, teman-teman selebrita Masterson mengirim surat untuk hakim, di antaranya pasangan Ashton Kutcher dan Mila Kunis.

Kutcher dan Kunis yang menikah sebelumnya beradu akting dengan Masterson dalam serial That ‘70s Show selama delapan musim dimulai tahun 1998 hingga 2006. Kemudian, Kutcher kembali dipertemukan dalam serial The Ranch untuk tiga musim.

Pasangan ini menulis surat kepada hakim untuk meminta pengurangan masa hukuman. Kutcher menganggap Masterson sebagai sosok panutan, sementara Kunis menyebut Masterson memiliki sikap yang baik.

Masterson dilaporkan melakukan pelecehan di rumahnya pada tahun 2001 dan 2003 ketika serial That ‘70s Show tayang. Ketika sidang ulang digelar, sang aktor terbukti bersalah melecehkan dua wanita pada tahun 2003.

Dakwaan yang diajukan oleh penuduh ketiga pada bulan November 2001 dinyatakan sebagai pembatalan persidangan. Aktor itu mengaku tidak bersalah atas semua tuduhan bahkan berencana mengajukan banding.

Sebelum persidangan, lima perempuan melaporkan pelecehan seksual yang dilakukan Danny Masterson dimulai pada tahun 2017. Hal itu membuat namanya dihapus dari produksi serial The Ranch serta tidak dilibatkan dalam sekuel That ‘90s Show.

Ashton Kutcher dan Mila Kunis menulis surat permohonan kepada hakim agar hukuman Danny Masterson bisa dikurangi.

“Meski saya sadar hakim menyatakan bersalah atas dua tuduhan pemerkosaan secara paksa dan korban memiliki keinginan untuk keadilan, saya berharap kesaksian saya tentang karakternya bisa dipertimbangkan dalam hukuman. Saya tidak percaya dia terus menimbulkan kerugian bagi masyarakat,” tulis Ashton Kutcher yang menyebut Masterson harus membesarkan putrinya.

“Saya dengan sepenuh hati menjamin karakter Danny Masterson yang luar biasa dan pengaruh positif luar biasa yang dia berikan kepada saya dan orang-orang di sekitarnya. Dedikasinya untuk menjalani hidup bebas narkoba dan kepeduliannya yang tulus terhadap orang lain menjadikannya panutan dan teman yang luar biasa,” tulis Mila Kunis.

Baik Kutcher dan Kunis menyebut Masterson memiliki gaya hidup yang bebas dari narkoba, sementara dalam persidangan, jaksa menjelaskan Masterson membius korbannya sebelum melakukan pelecehan.

“Setiap kali kami bertemu seseorang atau berinteraksi dengan orang yang menggunakan narkoba, dia dengan jelas menyatakan bahwa dia bukanlah orang yang baik untuk diajak berteman… Saya berterima kasih kepadanya atas sisi positif dari teman sebayanya,” lanjut Kutcher.

“Danny terbukti adalah teman yang baik, dan sosok saudara yang baik bagi saya. Kepedulian dan kemampuannya untuk memberi solusi bagi saya secara personal dan profesional,” tulis Kunis.

“Danny melakukan pekerjaannya dengan baik. Dia ramah dan bekerja keras. Dia memperlakukan semua orang dari tim hingga aktor secara setara. Sebagai panutan, Danny adalah orang yang luar biasa,” kata Ashton Kutcher.

Selain Ashton Kutcher dan Mila Kunis, sejumlah aktor juga menulis surat untuk permintaan pengurangan hukuman Danny Masterson. Mereka adalah Debra Jo Rupp, Kurtwood Smith, Billy Baldwin, Bijou Philips, Jim Patterson, serta saudara kandungnya yaitu Alanna Masterson, Christopher Masterson, Jordan Masterson, dan lainnya.