Bagikan:

JAKARTA - Setelah mengaku mengidap kesehatan mental bipolar, Atiek CB mulai terbuka tentang penyakit mental yang dideritanya. Dia menjelaskan bahwa sudah mengidap bipolar sejak ia masih kecil.

Perempuan bernama asli Atiek Prasetyawati menceritakan darimana asal mula bipolar itu dia dapatkan. Ternyata keluarganya sudah turun temurun memiliki masalah kesehatan mental.

"Engga. Itu aku punya dari aku kecil depresi itu peran my family, jadi ibu ku gitu, kakek ku gitu, bahkan nenek dari bapakku tuh dipasung juga. Dia punya skizofrenia," ujar Atiek CB ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, 6 September.

"Jadi ya entah gimana turunannya yang mungkin ada yang macam-macam, mental illness nya, tapi gak ada keluarga yang sampai masuk rumah sakit jiwa," lanjutnya.

Perempuan berusia 60 tahun ini menjelaskan ia baru mendapatkan penanganan yang benar ketika sudah pindah ke Amerika Serikat. Di sana dia mendapatkan konseling hingga obat-obatan dari psikiater.

"Dulu disini nggak pernah conselling, nggak pernah minum obat tapi setelah pindah ke Amerika, conselling dulu rajin seminggu sekali terus dibuat diagnosa sama psikologisnya, terus baru dapat obatnya, psikiaternya minumnya apa aja. Dua-duanya anakku minum itu juga terus dosisnya lebih tinggi," lanjutnya.

Tak disangka masalah kesehatan ini juga menurun kepada kedua anaknya, Kyna Anne Smith dan Kendall Smith. Ia bahkan mengatakan anak keduanya memiliki masalah yang lebih serius darinya.

"Iya anak ku yang pertama itu bipolar type 1, terus yang kedua BDD, mungkin gak familiar namanya borderline personality disorder, itu lebih parah dari lain," imbuhnya.