Bagikan:

JAKARTA - Dua musisi senior Bintang Indrianto dan Atiek CB berkolaborasi di album baru bertajuk Nusantara. Album ini berisi tujuh lagu yang sekaligus menandai kembalinya Atiek CB dari vakum panjang.

Kolaborasi Bintang Indrianto dengan penyanyi yang besar di tahun 1980an itu berawal dari pertemuan keduanya di ajang Jazz Gunung Bromo tahun lalu.

“Awal mula dikenalkan oleh Dewa Budjana. Setelah kemudian berkolaborasi di Jazz Gunung saya iseng bertanya, jika ada lagu beliau yang boleh saya buatkan aransemen musiknya. Ternyata Mbak Atiek malah balik bertanya dan memberitahukan kesediaannya jika saya ada lagu untuknya,” ujar Bintang Indrianto dalam keterangannya, Jumat, 5 April.

“Sungguh tantangan menarik yang saya realisasikan karena belum tentu terulang. Saat itu tak terbayangkan, seorang Atiek CB bernyanyi di lagu saya,” sambungnya.

Dari tujuh lagu yang dihadirkan, enam diantaranya ditulis oleh Bintang Indrianto, sementara sisanya ditulis oleh istrinya, Ernie.

Atiek CB senang dengan kolaborasinya kali ini, bahkan ia mengaku mengagumi karya-karya yang dihasilkan sang bassis.

“Pengalaman di Bromo membuat saya jatuh cinta dengan musiknya Bintang dan tertarik mengeksplorasi sesuatu yang baru dengan musik yang lebih menantang. Saya merasa Bintang bisa memberikan ruang bagi saya untuk mengeksplorasi musik yang lebih mendekati idealisme saya,” tutur Atiek CB.

Sementara itu, Bintang memuji Atiek CB yang berhasil menghadirkan warna baru di tujuh lagu yang ada. Proses rekaman juga memberikan pengalaman tersendiri.

“Mbak Atiek selalu punya warna sendiri untuk menyatu dengan aransemen musik, dia selalu mempertimbangkan harmoni musik yang tersedia, lalu dengan sigap menimpalinya, dengan cara dia,” kata Bintang Indrianto.

“Di luar ekspektasi, Bintang itu tidak seperti kebanyakan arranger atau musisi lain yang saat kerja sama dengan penyanyi biasanya terlalu controlling. Bintang selalu mempercayakan sepenuhnya untuk saya berkreasi sesuai karakter saya sebagai penyanyi dan memberikan kebebasan. Cara pendekatan Bintang membuat percaya diri seorang penyanyi seperti saya. Itu sangat penting,” pungkas Atiek CB.