Agensi EDAM Entertainment Bantah IU Lakukan Plagiarisme 5 Lagu
IU (Instagram @dlwlrma)

Bagikan:

JAKARTA - Agensi EDAM Entertainment mengeluarkan pernyataan terbaru mengenai kasus plagiarisme yang menyeret IU. Mereka sudah melakukan investigasi demi meluruskan tuduhan yang secara tidak langsung berdampak dengan artis mereka.

Pada Mei lalu, publik dikejutkan dengan laporan plagiarisme yang diajukan seorang netizen terhadap IU. Agensi merekrut pengacara hak cipta untuk menggugat produser yang membuat postingan tersebut mengingat produser ini terlihat menargetkan IU sebagai pelaku.

Senin, 4 September, agensi IU, EDAM Entertainment merilis pernyataan bahwa agensi memutuskan untuk menolak tuduhan kriminal kepada IU karena ini bukan kejahatan.

EDAM menjelaskan IU tidak pernah ikut berpartisipasi dalam membuat lima lagu yang dituduhkan oleh netizen tersebut.

“Kami pertama mendengar melalui laporan media pada 10 Mei 2023, artis kami dilaporkan ke Kepolisian Gangnam, Seoul karena melanggar hak cipta. Melalui perwakilan legal, kami meminta dokumen yang dimaksud dan perwakilan kami meyakinkan kasus ini tidak memiliki dasar legal dan harus dicabut,” kata EDAM Entertainment.

“Pada akhirnya, pihak investigasi memutuskan untuk mencabut laporan terhadap artis pada 24 Agustus dan kami baru menerima hasilnya pada 30 Agustus,” lanjutnya.

EDAM menyebut IU tidak menulis atau bergabung dengan produksi penulisan lima lagu yang dituduhkan sehingga IU tidak bisa digugat dalam laporan tersebut.

“Kami sudah meminta investigasi penuh melalui teks dan video. Ke depannya, kami akan menindaklanjuti tindakan yang merugikan reputasi artis tanpa toleransi,” kata EDAM.

Agensi juga menerima laporan dari publik atau penggemar melalui alamat email yang diberikan dan berusaha memproses kasus demi menjaga nama artis mereka.

Di sisi lain, IU akan segera menggelar fan concert bertajuk I+UN1VER5E yang digelar pada 23 dan 24 September 2023 di KSPO Dome, Seoul. Berbeda dari konser biasanya, fan concert merupakan acara yang memadukan konsep fan meeting dan konser bersamaan.