Keluarga Dwi Sasono Hadapi Ancaman Lewat <i>Teaser</i> Perdana Film <i>Budi Pekerti</i>
Dwi Sasono (Rekata Studio)

Bagikan:

JAKARTA - Rekata Studio meluncurkan teaser perdana film Budi Pekerti menjelang penayangan perdana di Toronto International Film Festival (TIFF) 2023 yang akan diselenggarakan pada 7-17 September 2023.

Teaser ini menampilkan plot utama cerita yang disutradarai Wregas Bhanuteja. Teaser dimulai dengan Tita (Prilly Latuconsina) dan Bu Prani (Sha Ine Pebriyanti) yang mencoba merekam video dibantu dengan Muklas (Angga Yunanda).

Kemudian, Bu Prani yang awalnya membeli putu berujung menjadi viral dan membuat integritas Bu Prani sebagai guru BK dipertanyakan. Sikap sekolah yang seakan membelakangi Bu Prani membuatnya terjebak dalam situasi yang tidak diinginkan.

Tidak disangka, kejadian itu malah membawa dampak besar bagi keluarga mereka. Tita yang juga memiliki dunianya sendiri juga merasakan hal serupa. Kini mereka berusaha bertahan menjaga ayah mereka sembari melawan perundungan tersebut.

Berlatar di Yogyakarta semasa pandemi, film Budi Pekerti mengisahkan Bu Prani (Sha Ine Febriyanti), seorang guru BK yang video perselisihannya dengan pengunjung pasar menjadi viral di media sosial.

Tindakannya dianggap tidak mencerminkan pribadi seorang guru, sehingga dia dan keluarganya mendapat perundungan, dicari-cari kesalahan lainnya hingga terancam kehilangan pekerjaan. Mereka berusaha melawan perundungan sementara menjaga Pak Didit (Dwi Sasono) yang sedang mengalami depresi.

Teaser satu menit penuh intrik ini akan menghadirkan fenomena yang terjadi di masyarakat sekaligus menjadi warna baru dalam perfilman Indonesia.

Dalam penayangan perdananya ini, film Budi Pekerti yang memiliki judul internasional Andragogy akan masuk dalam program Discovery Toronto International Film Festival 2023, program yang khusus memperkenalkan dan mengapresiasi karya pertama atau kedua dari para sutradara visioner terkenal, seperti Christopher Nolan, Yorgos Lanthimos, Warwick Thornton, Joachim Trier, dan David Gordon Green.

“Saya sangat bangga dan merasa terhormat bisa ikut merayakan kelahiran film Budi Pekerti di TIFF. Saya berharap, film ini bisa mendapatkan sambutan baik dari penonton di TIFF dan Indonesia semakin dikenal di industri film internasional,” kata Sha Ine Febriyanti.

"Banyak orang yang menantikan Budi Pekerti, sehingga semoga dengan dirilisnya teaser trailer ini, bisa memberikan sedikit gambaran dari perjalanan Ibu Prani yang berupaya keluar dari krisis yang ia alami karena perundungan di media sosial yang mengancam kehidupan dia dan keluarganya,” tutur Ridla An-Nuur, produser film Budi Pekerti.

Film Budi Pekerti direncanakan tayang di bioskop Indonesia setelah melakukan penayangan perdana di TIFF.