8 Makanan yang Meningkatkan Serotonin, Bermanfaat Memperbaiki Suasana Hati
Ilustrasi makanan yang meningkatkan serotonin dan memperbaiki suasana hati (Freepik/drobotdean)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Serotonin disebut hormon bahagia yagn diproduksi saluran pencernaan dan sistem saraf pusat. Hormon ini berdampak langsung pada suasana hati dan kesehatan mental Anda. Disebut pula sebagai neurotransmitter yang membawa sinyal penting antara sel-sel otak, serotonin juga mengatur kognisi, fokus, dan istirahat, tutur psikiater nutrisi dan koki profesional Uma Naidoo, MD..

Seseorang dengan kadar serotonin rendah, biasanya terkait gangguan kondisi kesehatan, seperti gangguan mood, kecemasan, insomnia, gangguan obsesif kompulsif, dan gangguan stres pasca trauma. Jika Anda kekurangan serotonin, bisa mengonsumsi makanan di bawah ini yang bermanfaat meningkatkan suasana hati.

1. Telur

Penelitian membuktikan bahwa dalam sejumlah kecil mengandung triptofan yang secara signifikan meningkatkan suasana hati. Saran Naidoo, telur dari ayam tanpa kandang dapat diolah menjadi telur dadar, telur orak-arik, dan frittata panggang.

makanan yang meningkatkan serotonin dan memperbaiki suasana hati
Ilustrasi makanan yang meningkatkan serotonin dan memperbaiki suasana hati (Freepik/KamranAydinov)

2. Produk susu

Makanan seperti susu sapi, keju, yoghurt, diketahui kaya akan protein alfa-laktalbumin. Menurut penelitian yang dikutip Naidoo, kandungan protein tersebut meningkatkan kadar triptofan darah dan meningkatkan kualitas tidur serta suasana hati. Oleh karena itu, kalau Anda susah tidur ada kalanya pas kalau minum susu hangat tanpa pemanis tambahan. Selain itu, bisa menambahkan yoghurt untuk meningkatkan kesehatan usus dan mental.

3. Tahu

Jika Anda vegetarian atau vegan yang tidak makan telur maupun produk susu, bisa mengonsumsi makanan dari kedelai seperti tempe dan tahu. Tahu organik, jelas Naidoo dilansir PsychCentral, Jumat, 1 September, kaya akan triptofan dan isoflavon kedelai yang terbukti memiliki hubungan dengan gejala depresi.

4. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian tertentu dapat membantu Anda memproduksi serotonin lebih banyak. Naidoo menyarankan, Anda bisa makan segenggam kacang kenari setiap hari. Ini dikaitkan dengan penurunan gejala depresi dan mungkin bisa memasukkan kacang-kacangan serta biji-bijian dalam salad atau secangkir yoghurt.

makanan yang meningkatkan serotonin dan memperbaiki suasana hati
Ilustrasi makanan yang meningkatkan serotonin dan memperbaiki suasana hati (Freepik/lifeforstock)

5. Makanan fermentasi

Makanan fermentasi kaya akan bakteri baik yang menyehatkan usus dan dapat meningkatkan kesehatan mental Anda. Anda dapat mencoba salah satu makanan fermentasi, seperti kimchi, sup kedelai jepang, kol parut, santan tanpa pemanis, dan yoghurt susu mete. Makanan prebiotik lainnya, seperti bawang putih, daun bawang, bawang bombay, juga dapat membantu.

6. Bayam

Bayam dikenal sebagai sayur yang kaya zat besi dan folat. Di samping itu, Naidoo menjelaskan bahwa bayam juga kaya akan mineral yang diperlukan untuk produksi serotonin di otak. Faktanya, kekurangan folat berkaitan dengan gejala depresi. Sehingga, Anda bisa memasukkan bayam dalam berbagai hidangan seperti telur dadar, smoothie, salad.

7. Buah-buahan dan sayur-sayuran

Banyak buah dan sayuran dapat membantu meningkatkan serotonin. Beberapa buah dan sayuran kaya triptofan antara lain nanas, pisang, buah kiwi, plum, dan kacang polong. Bisa juga menambahkan ubi jalar dan tomat ceri.

8. Daging kalkun

Kalkun panggang kerap disajikan saat Thanksgiving, di luar momen tersebut, daging kalkun mengandung triptofan tinggi. Oleh karena itu, Anda bisa membuat kreasi menu dari daging tersebut untuk sandwich atau dipanggang dan dimakan bersama makanan meningkatkan serotonin dan suasana hati di atas.