Bagikan:

YOGYAKARTA - Pernah kah Anda mendengar rotator cuff? Yuk cari tahu  apa itu rotator cuff!

Apa Itu Rotator Cuff

Rotator cuff adalah sekelompok otot dan tendon yang mengelilingi sendi bahu, menjaga kepala tulang lengan atas tetap berada di dalam rongga bahu yang dangkal. Cedera rotator cuff dapat menyebabkan nyeri tumpul di bahu yang memburuk di malam hari.

Cedera rotator cuff sering terjadi dan meningkat seiring bertambahnya usia. Cedera ini dapat terjadi lebih awal pada orang yang memiliki pekerjaan yang mengharuskan melakukan gerakan di atas kepala secara berulang-ulang, seperti tukang cat dan tukang kayu.

Latihan terapi fisik dapat meningkatkan kelenturan dan kekuatan otot-otot di sekitar sendi bahu. Bagi banyak orang dengan masalah rotator cuff, hanya latihan berikut yang diperlukan untuk mengatasi gejalanya.

Terkadang, robekan rotator cuff dapat terjadi hanya karena satu cedera. Dalam keadaan seperti itu, orang harus segera mencari nasihat medis karena mereka mungkin memerlukan pembedahan.

Gejala

Rasa sakit yang terkait dengan cedera rotator cuff dapat:

  • Digambarkan sebagai nyeri tumpul di bagian bahu
  • Mengganggu tidur
  • Buatlah sulit untuk menyisir rambut atau menjangkau ke belakang punggung
  • Disertai kelemahan lengan
  • Beberapa cedera rotator cuff tidak menimbulkan rasa sakit.

Penyebab

Cedera rotator cuff paling sering disebabkan oleh keausan jaringan tendon yang progresif seiring berjalannya waktu. Aktivitas di atas kepala yang berulang-ulang atau aktivitas angkat berat yang berkepanjangan dapat mengiritasi atau merusak tendon. Rotator cuff juga dapat terluka dalam satu kejadian saat terjatuh atau kecelakaan.

Faktor risiko

Faktor-faktor berikut dapat meningkatkan risiko cedera rotator cuff:

Usia. Risiko cedera rotator cuff meningkat seiring bertambahnya usia. Robeknya rotator cuff paling sering terjadi pada orang berusia di atas 60 tahun.

Beberapa pekerjaan. Pekerjaan yang memerlukan gerakan lengan di atas kepala yang berulang-ulang, seperti pertukangan kayu atau pengecatan rumah, lama kelamaan dapat merusak rotator cuff.

Olahraga tertentu. Beberapa jenis cedera rotator cuff lebih sering terjadi pada orang yang berpartisipasi dalam olahraga seperti baseball, tenis, dan angkat beban.

Sejarah keluarga. Mungkin ada komponen genetik yang terlibat dalam cedera rotator cuff karena tampaknya lebih sering terjadi pada keluarga tertentu.

Jadi setelah mengetahui apa itu rotator cuff, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!