Bagikan:

YOGYAKARTA – Kaki dan tangan terasa dingin bisa merupakan respons terhadap suhu udara rendah. Namun jika diikuti gejala tertentu lainnya, dikaitkan dengan kondisi medis yang memerlukan perawatan. Mulai dari karena anemia hingga diabetes bisa memengaruhi suhu kaki.

Gejala yang umumnya mengikuti kaki dan tangan dingin, antara lain terasa lemah pada dua bagian tubuh tersebut, sensitif pada suhu dingin, perubahan warna kulit saat kedinginan dan stres, mati rasa saat melakukan pemanasan atau menghilangkan stres. Lebih lanjut lagi, berikut penyebab telapak kaki dan tangan terasa dingin padahal suhu udara panas.

1. Komplikasi diabetes

Bagi orang yang menderita diabetes, risiko mengalami neuropati perifer bisa memengaruhi kaki. Komplikasi diabetes yang merusak saraf di kaki, mungkin membuat kaki terasa dingin. Tetapi terasa normal apabila disentuh. Orang tanpa diabetes juga bisa terkena neuropati perifer, penyebabnya karena cedera, penyakit autoimun, kecanduan alkohol, kekurangan vitamin, gangguan sumsum tulang, tiroid kurang aktif, dan penggunaan obat-obatan.

penyebab kaki dan tangan terasa dingin
Ilustrasi kaki dan tangan terasa dingin bisa dialami penderita diabetes (Freepik/jcomp)

Penyebab lain yang menyerang saraf dan bisa dialami seseorang dengan diabetes maupun tidak, karena penyakit arteri perifer. Penyakit ini disebabkan tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, merokok, dan usia lanjut.

2. Hipotiroidisme

Tiroid ialah kelenjar berbentuk kupu-kupu yang terletak di leher. Kelenjar ini menghasilkan hormon yang memengaruhi hampir seluruh organ. Hormon juga membantu mengubah makanan dan oksigen menjadi energi. Nah, kalau tiroid kurang aktif atau disebut hipotiroidisme, artinya kelenjar ini tidak mengeluarkan cukup hormon. Itu bisa membuat Anda merasa kedinginan seluruh tubuh, termasuk kaki dan tangan.

3. Penyakit Raynaud

Penyakit Raynaud menyebabkan tubuh bereaksi berlebihan terhadap dingin. Saat suhu rendah, jari tangan dan kaki mungkin terasa mati rasa atau beku. Kadang-kadang berubah warna, mulai dari memucat hingga membiru. Saat panas, mereka yang mengalami penyakit Raynaud akan merasakan perih, merah, dan stress, hingga memicu serangan kecemasan. Penyakit ini menyebabkan masalah pada beberapa arteri atau pembuluh darah yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh. Kemudian arteri tangan mengejang dan menyempit, menyebabkan darah tak mengalir baik ke jari tangan dan kaki. Terkadang sampai pada hidung, bibir, telinga, dan puting susu.

Penyakit Raynaud, lebih sering terjadi di daerah beriklim dingin dan sering menyerang wanita dibandingkan laki-laki. Melansir WebMD, Rabu, 23 Agustus, terdapat dua jenis penyakit ini, yaitu Raynaud primer dengan gejala lebih ringan tetapi paling umum dialami. Kalau Raynaud sekunder, mungkin lebih serius dan menyerang pada usia lebih tua. Beberapa hal berbeda, seperti lupus, rheumatoid arthritis, cedera, atau carpal tunnel syndrome, dapat menyebabkannya. Obat-obatan untuk tekanan darah tinggi dan beberapa obat migrain, juga dapat menyebabkan kaki terasa dingin.

penyebab kaki dan tangan terasa dingin
Ilustrasi kaki dan tangan terasa dingin bisa disebabkan penyakit Raynaud (Freepik/krakenimages.com)

4. Anemia

Telapak kaki terasa dingin bisa jadi tanda bahwa Anda mengalami anemia. Itu berarti tubuh tidak memiliki cukup sel darah merah, atau sel darah merah tidak cukup sehat untuk melakukan tugasnya membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Maka disarankan menemui dokter jika Anda mengalami tanda-tanda anemia karena bisa jadi merupakan gejala dari penyakit lain.

5. Penyakit Buerger

Penyakit Buerger jarang terjadi, tetapi seorang perokok atau mengunyah tembakau, kaki akan terasa dingin dan mungkin gejala penyakit ini. Penyakit yang terkait dengan penggunaan tembakau ini menyebabkan pembuluh darah di tangan dan kaki membengkak. Itu memperlambat aliran darah dan bisa membentuk gumpalan dan menyebabkan infeksi. Temui dokter Anda jika Anda memiliki gejala penyakit Buerger. Ini lebih sering terjadi pada pria daripada wanita, dan pada orang di bawah 45 tahun.

6. Kolesterol tinggi

Jika Anda memiliki kolesterol tinggi, kemungkinan mengalami risiko masalah sirkulasi, yang menyebabkan kaki dan tangan dingin padahal suhu panas. Masalah dengan sirkulasi, disebut dengan penyakit arteri, adalah akibat dari penumpukan kolesterol dan peradangan pada pembuluh darah.

7. Stres

Kalau Anda sedang mempersiapkan presentasi atau proyek besar, mungkin akan sedikit gugup dan menyebabkan telapak kaki serta tangan terasa dingin. Saat stres, tubuh mendorong darah ke inti tubuh dan menjauh dari tangan serta kaki sehingga menyebabkan terasa dingin.

Karena banyak pemicu kaki dan tangan terasa dingin, penting untuk menemui dokter apabila dirasa mengganggu atau diikuti gejala yang tak nyaman. Saat merasakannya, Anda bisa mengatasi dengan memakai kaus kaki atau kaus tangan. Selain itu, latihan bagaimana mengelola stress dan dapatkan lebih banyak zat besi. Ditambah lagi, berhenti merokok serta menjalani gaya hidup sehat akan menjaga kesehatan secara keseluruhan.