5 Penyebab Kulit Pucat dan Kusam yang Paling Umum Dialami
Ilustrasi penyebab umum kulit pucat dan kusam (Freepik/cookie_studio)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Mempertahankan kulit yang tetap merona dan segar terkadang sulit. Pasalnya seluruh gaya hidup memengaruhi, termasuk menu makanan, jam tidur, hingga kondisi medis tertentu. Nah, menurut pakar, lima hal ini yang paling umum menyebabkan kulit Anda terlihat pucat dan kusam.

1. Kondisi medis tertentu seperti anemia

Kulit yang sehat memancarkan vitalitas dan corak alami. Namun kalau pucat dan kusam, mungkin karena kondisi tertentu berkaitan dengan kesehatan. Menurut dokter kulit Jodi LoGerfo, DNP., APRN., FNP-C., kulit pucat yang paling umum disebabkan anemia. Anemia menurunkan sirkulasi oksigen yang dapat terlihat pada kulit. Selain karena anemia, kulit Anda tak segar juga bisa disebabkan kekurangan vitamin, terutama vitamin A, B12, C, D, dan E.

2. Merokok

Tutur LeGerfo, merokok merusak kulit karena banyak mengandung zat berbahaya. Merokok juga mempercepat penuaan kulit, menurunkan produksi kolagen, merusak serat elastis kulit, menciptakan radikal bebas, menyempitkan pembuluh darah, dan menyerap vitamin serta nutrisi pada kulit. Saking banyaknya risiko bagi perokok, maka saatnya merencanakan mengurangi dan berhenti.

penyebab umum kulit pucat dan kusam
Ilustrasi penyebab umum kulit pucat dan kusam (Freepik/diana.grytsku)

3. Stres

Faktor gaya hidup juga memengaruhi penampilan kulit Anda. Kalau sering kurang tidur dan stres, bisa menyebabkan kulit terlihat kusam. Menurut dokter LeGerfo, tidur sangat penting untuk banyak tujuan. Mulai dari kesehatan tubuh, hingga memengaruhi sel-sel kulit Anda.

4. Sering terpapar sinar matahari

Anda bisa beraktivitas di luar ruangan, namun pastikan memberikan perlindungan untuk kulit. Soalnya, sinar UV dari paparan matahari dapat menyebabkan penuaan kulit dan merusak. Ciri-ciri kulit sering terpapar matahari, antara lain terlihat kasar, muncul kerutan halus, dan pigmentasi misalnya bintik-bintik. Kadang juga menyebabkan kulit terlihat kendur atau lebih pucat.

5. Dehidrasi

Kulit membutuhkan cairan cukup supaya terlihat kencang dan kenyal. Kalau mengalami dehidrasi, bisa menyebabkan kulitterlihat kusam, kering, dan loyo. Seiring waktu karena dehidrasi, kulit bisa kehilangan kecerahannya dan terlihat pucat, jelas dokter kulit dan estetika, Kiran Mian, DO., FAAD. dilansir Byrdie, Senin, 14 Agustus.

Kedua pakar di atas, menyarankan untuk mengubah gaya hidup Anda untuk menjaga kulit tetap cerah, kencang, dan fresh. Seperti pastikan minum cukup agar terhindar dari dehidrasi, cukup tidur, rutin berolahraga, dan evaluasi menu serta pola makan Anda sehari-hari. Pesan dokter Mian, pastikan mengonsumsi makanan yang seimbang, makanan segar kaya warna, dan tingkatkan asupa vitamin C untuk mencerahkan kulit.