Tips Memilih Warna Baju yang Sesuai dengan Warna Kulit, Bikin Penampilan Lebih Segar dan Cerah
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Sebelum membeli baju, gaun pengantin atau busana lainnya yang baru, Anda perlu menyesuaikan warna pakaian dengan warna kulit. Warna baju yang tidak serasi dengan kulit akan membuat Anda tampak kusam. Sebaliknya, memilih warna yang tepat bisa membuat Anda kelihatan lebih cerah. Nah, dalam artikel kali ini akan dibahas tips memilih warna baju yang sesuai warna kulit. Baca terus, sampai habis, ya!

Tips Memilih Baju yang Sesuai Warna Kulit

Memilih warna baju yang sesuai warna kulit sebenarnya cukup mudah. Anda dapat memilih busana yang tepat jika memahami tipe rona kulit.

Terkait hal ini, terdapat empat kelompok rona kulit yakni kulit pucat, kulit putih, kulit kuning langsat dan sawo matang, serta kulit gelap.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut tips memilih warna waju sesuai dengan warna kulit.

  1. Kulit pucat

Warna kulit pucat kerap kali ditandai dengan rona putih namun cenderung pusat. Pemilik warna kulit pucat perlu hati-hati ketika memilih busana atau pakaian. Pilihan warna baju yang keliru bisa membuat Anda terlihat seperti orang sakit alias pucat.

Pemilik warna kulit pucat sangat disarankan untuk memilih baju berwarna terang seperti pastel. Warna ini bisa memudarkan kesan pucat dari kulit yang Anda miliki.

Selain baju bewarna pastel, beberapa warna netral yang bisa jadi pilihan adalah warna abu-abu, krem biru tua yang dikombinasikan dengan warna serupa yang lebih terang atau gelap.

Pemilik warna kulit pucat juga bisa memadu-padankan dua busana kontras seperti kaus pastel, lalu mengenakan jaket hijau atau biru.

Pemilihan busana tersebut dapat membantu menyamarkan kontras antara kulit dan warna busana yang Anda pakai

  1. Kulit putih

Pemilik kulit putih mempunyai pilihan warna busana yang cocok dipakai. Anda dapat mengenakan baju berwarna hijau, coklat, dan khaki jika ingin mendapatkan kesan yang seimbang untuk tampilan yang lebih keren.

Selain itu, warna-warna seperti oranye, merah marun, dan kuning lembut akan memberikan efek yang serupa.

Apabila Anda ingin mengenakan busana berwarna cerah, sebaiknya kombinasikan dengan warna kontras pada outer yang digunakan.

  1. Kulit kuning langsat dan sawo matang

Rona kulit kuning langsat dan sawo matang digambarkan dengan warna kulit yang cenderung cerah namun tampak lebih coklat.

Pemilih warna kulit ini disarankan memilih busana berwarna gelap dan potongan yang sederhana seperti earth tone dan lain sebagainya. Hal tersebut agar busana yang Anda kenakan menciptakan kesan keseimbangan.

  1. Kulit gelap

Pemilik warna kulit gelap sebenarnya cocok dengan smua warna, mulai dari warna pucat, terang, pastel. Warna-warna tersebut sangat ideal jika dipadu-padankan dengan warna yang berani.

Misalnya Anda memakai baju berwarna cerah atau netral hanya untuk kaus atau dalaman, kemudian padukan dengan outer berwarna kontras agar tampilannya lebih menarik.

Tak hanya itu, pilihan warna kontras seperti pastel, merah muda, warna dengan nuansa pucat dan putih dapat memberikan kesan menarik tanpa konsekuensi estetika yang negatif.

Demikian informasi tentang tips memilih warna baju sesuai dengan warna kulit. semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.