Kekurangan 4 Jenis Vitamin Ini, Ternyata Memperburuk Lingkaran Gelap Bawah Mata
Ilustrasi lingkaran gelap bawah mata, penyebab mata panda (Freepik/Wayhomestudio)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Penampilan berkaitan erat dengan kondisi tubuh. Ketika mendapatkan nutrisi dan vitamin cukup, penampilan kulit akan terlihat lebih cerah dan segar. Tetapi ketika kekurangan jenis vitamin tertentu menyebabkan lingkaran gelap bawah mata semakin memburuk.

Faktor lain yang menyebabkan mata panda, selain kekurangan vitamin, adalah kurang tidur, penuaan, keturunan, hingga kondisi psikologis. Kalau karena kekurangan vitamin, Anda bisa memasukkan makanan yang mengandung jenis vitamin di bawah ini dalam menu diet Anda.

Vitamin B

Vitamin B kompleks mencakup delapan vitamin yang larut dalam air. Di antaranya, vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan B12. Menurut ahli gizi Ronald Smith, kekurangan vitamin B dan B12 secara khusus dapat berkontribusi pada kantung mata yang gelap.

“Vitamin B diperlukan untuk metabolisme energi dan juga membantu produksi hormon dan pembentukan sel darah merah,” terang Smith dilansir She Finds, Rabu, 26 Oktober.

kekurangan vitamin menyebabkan mata panda
Ilustrasi kekurangan vitamin menyebabkan mata panda (Freepik)

Kekurangan vitamin ini dapat menambah gelap lingkaran bawah mata. Dokter Tina Gupta, MD., ahli kebugaran dan nutrisi bersertifikat juga menjelaskan bahwa tidak mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin B12 dapat menyebabkan kulit pucat. Ini berarti bagian wajah berwarna pucat sedangkan bagian bawah mata terlihat gelap. Makanan yang bisa dikonsumsi sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12, antara lain, telur, susu, unggas, daging, makanan laut, dan ikan. Kalau Anda vegetarian, pilih susu non dairy.

Vitamin K

Tidak semata-mata kekurangan vitamin B kompleks saja. Lingkaran hitam bawah mata menurut dermatolog Tabitha Craine, MD., kekurangan vitamin K adalah penyebab umum mata tampak mengantuk.

“Vitamin K bertanggung jawab untuk memperkuat pembuluh darah dan kapiler, dan juga meningkatkan sirkulasi yang sehat dan sangat penting untuk pembekuan darah yang tepat,” terang Craine.

Ketika kadar vitamin K rendah, kapiler melemah. Area bawah mata sejumlah kecil terdapat genangan darah dan hasilnya perubahan warna gelap seperti memar. Untuk mencukupkan kebutuhan tubuh akan vitamin K, cobalah konsumsi ikan, hati, dan telur.

Vitamin C dan E

Memastikan makanan Anda cukup mengandung vitamin C dan E juga penting. Kedua vitamin ini, kalau kekurangan dapat berkaitan dengan munculnya lingkaran hitam mata. Dokter spesialis penyakit dalam dan perawatan kritis serta pendiri bareLUXE Skincare, dokter Heather Smith mengatakan kalau vitamin C dan E meningkatkan kualitas kolagen pada kulit Anda.

Vitamin C bermanfaat menjaga kesehatan kulit, termasuk mencerahkan kulit kusam. Vitamin E yang larut lemak dapat ditemukan dalam minyak nabati, kedelai, biji gandum, biji bunga matahari, kacang almond, dan kacang tanah. Sedangkan vitamin C dapat ditemukan dalam jeruk, pepaya, dan jeruk bali.

Jenis sumber vitamin di atas, bisa Anda masukkan dalam menu diet sehat untuk mengurangi lingkaran gelap bawah mata.