Tak Adil Jadi Valak, Bonnie Aarons Gugat Warner Bros dan New Line Cinemas
Bonnie Aarons sebagai Valak (New Line Cinemas)

Bagikan:

JAKARTA - Menjadi karakter populer tidak selamanya menguntungkan. Hal itu dirasakan aktris Bonnie Aarons yang dikenal sebagai Valak dalam franchise film The Conjuring.

Bonnie Aarons menggugat rumah produksi franchise yaitu Warner Bros dan New Line Cinemas dan Scope Productions. Dalam dokumen yang ia ajukan, Aarons mengaku dibayar 71.500 dolar AS atau Rp1,09 miliar untuk perannya sementara film The Nun mendapat 365 juta dolar AS sebagai box office.

Kontraknya sebagai Valak juga termasuk dengan keuntungan box office serta penjualan merchandise atau barang dagang yang memuat karakternya.

"Alih-alih menghitung dan membayar dengan cara yang transparan, Warner Bros. mengaburkan dan menyembunyikan jumlah sebenarnya dari bagian sah pendapatan merchandising Aarons, dan terus mengeksploitasinya," katanya dalam gugatan yang diajukan Selasa di Pengadilan Tinggi Los Angeles melansir THR.

Padahal dalam perjanjian yang ia lakukan, ia disebut mendapat keuntungan setidaknya 5% hingga 50% serta lisensi hak merchandise. Aarons menyebut rumah produksi tidak konsisten dengan pernyataannya yang dijanjikan penghasilan barang dagang di antaranya boneka, pin, dekorasi, baju, kostum, dan lainnya.

Selain itu, Bonnie Aarons mengaku saat ia didandani sebagai Valak, ia tidak mengenakan protestik atau tambahan CGI. Ia meluangkan waktu dan tenaga untuk menjadi Valak namun tidak mendapat sesuai haknya.

“Aarons mengklaim pada tahun 2019 dan 2022, Warner Bros menjanjikan pernyataan pendapatan yang tidak sesuai dengan aktivitas merchandising yang sesuai dengan karakter,” begitu salah satu isi dokumen.

“Ketika diminta menjelaskan angka tersebut, pihak studio mengirimkan dokumen dengan tulisan sebagian kecil dari hasil lisensi,” katanya.

Bonnie Aarons pertama kali muncul dalam sekuel The Conjuring dan melanjutkan karakternya dalam franchise The Conjuring serta spin-off The Nun. Karakternya yang populer membuat Valak dijadikan barang dagangan yang juga sukses di pasaran.

Tahun ini, Bonnie Aarons kembali bergabung dalam franchise dan berperan sebagai Valak dalam film The Nun 2. Film ini akan tayang di bioskop pada 8 September 2023.