14 Aktor Sumbang Rp15 Miliar untuk Aksi Mogok SAG-AFTRA di Hollywood
Ryan Reynolds - Hugh Jackman (tangkapan layar)

Bagikan:

JAKARTA - Para pelaku hiburan seperti penulis dan aktor Hollywood masih melakukan aksi mogok kerja SAG-AFTRA demi mendapat kesepakatan dari pihak rumah produksi. Aksi mogok yang berjalan lebih dari 30 hari ini masih belum menemukan titik tengah di antara kedua pihak.

SAG-AFTRA melakukan aksi mogok pada hari Kamis, setelah serikat menolak persyaratan yang diberikan oleh Aliansi Produser Film dan Televisi (AMPTP) selama negosiasi untuk kontrak baru. Masalah yang memisahkan kedua pihak adalah perlindungan AI dan model residual yang diperbarui.

Hal ini berdampak bagi anggota SAG-AFTRA mengalami kesulitan karena tidak memiliki penghasilan selama melakukan aksi mogok ini. Demi memperjuangkan hak, mereka menggelar aksi selama lebih dari 30 hari di sejumlah rumah produksi.

Di tengah situasi tersebut, Emergency Financial Assistance Program SAG-AFTRA mengumumkan mereka menerima lebih dari 15 juta dolar AS yang kebanyakan disumbangkan dari 14 aktor dan tujuh di antaranya merupakan penerima Oscar.

Para aktor setidaknya menyumbang 1 juta dolar AS atau setara Rp15 miliar untuk membantu para pekerja yang melakukan aksi mogok.

Melansir Indiewire, para aktor itu adalah pasangan George dan Amal Clooney, Matt Damon dan Luciana, Leonardo DiCaprio, Hugh Jackman dan Deborra-lee Furness, Nicole Kidman, Jennifer Lopez dan Ben Affleck.

Kemudian ada pasangan Ryan Reynolds dan Blake Lively, Julia Roberts, Arnold Schwarenegger, Meryl Streep, dan presenter Oprah Winfrey. Sebelumnya, Dwayne Johnson dikabarkan menyumbang hingga tujuh digit bagi para pelaku hiburan yang terdampak dari aksi mogok ini.

Beberapa aktor mengungkap dukungan mereka terhadap serikat tersebut, salah satu Meryl Streep yang merasa bisa berdiri dengan para pekerja.

“Saya ingat masa ketika saya menjadi pelayan, pekerja pembersih, tukang ketik, bahkan ketika saya tidak bekerja. Dalam aksi mogok ini, saya beruntung bisa mendukung mereka yang berjuang melawan Goliat,” kata Meryl Streep.

“Kita akan berdiri kuat melawan perusahaan yang mengambil kemanusiaan, bahkan kemanusiaan profesi kita. Saya bangga akan sesama aktor yang juga menyumbang untuk Emergency Financial Assistance Program,” katanya lagi.