Selain Konsumsi Makanan Sehat, Ini 6 Minuman Terbaik untuk Panjang Umur
Ilustrasi minuman terbaik untuk panjang umur (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Umur panjang dan sehat, tentu perlu didukung pola hidup baik. Di samping makan makanan sehat, mempertimbangkan minuman terbaik yang menyehatkan juga penting. Anda mungkin berpikir bahwa menikmati secangkir kopi dalam suasana nyaman, akan baik untuk menikmati masa tua. Selain itu, cek berikut minuman terbaik untuk panjang umur yang disetujui dokter.

1. Teh hijau

Antioksidan dapat memberikan perlindungan terhadap kondisi kesehatan kronis. Kandungan ini salah satunya terdapat dalam teh hijau. Teh hijau dapat menetralkan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan DNA sehingga meminimalisir peradangan serta penyakit kronis.

Teh hijau dan senyawanya, termasuk epigallocatechin-3-gallate (EGCG), telah dipelajari untuk efek perlindungannya terhadap kondisi kesehatan seperti penyakit jantung dan kanker, menurut National Institutes of Health (NIH). Dr. Eric Ascher, dokter pengobatan keluarga di Rumah Sakit Lenox Hill mengatakan, menyeruput teh hijau dapat mendukung umur panjang Anda.

minuman terbaik untuk panjang umur
Ilustrasi minuman terbaik untuk panjang umur (Freepik)

Di samping teh hijau, Patricia Kolesa, RDN., dilansir Livestrong, Minggu, 16 Juli, teh herbal seperti teh chamomile, mint, teh hitam, dan kembang sepatu juga mengandung antioksidan yang melawan radikal bebas penyebab stres oksidatif.

2. Kopi

Minum kopi terlalu banyak dapat memiliki efek samping yang tidak menyenangkan, tetapi ada banyak manfaat kesehatan dari kopi, terutama untuk umur panjang. Secara khusus, kopi banyak mengandung polifenol, antioksidan, dan senyawa lain yang terkait dengan kesehatan otak dan jantung.

Menurut penelitian dalam European Society of Cardiology, minum kopi terbukti memperpanjang umur dan semakin rendah risiko kematian akibat apapun. Namun dokter Ascher mengingatkan, hati-hati dengan perasa dan keinginan minum kopi berlebih. Batasi tambahan gula, krim, dan sirup rasa jika Anda minum kopi.

minuman terbaik untuk panjang umur
Ilustrasi minuman terbaik untuk panjang umur (Freepik)

3. Jus prune

Prune adalah buah plum yang dikeringkan di bawah matahari. Kalau disajikan dalam bentuk jus, akan membantu menyehatkan usus. Jus prune, menurut Amy Gorin, RDN, ahli diet nabati, dapat membantu mendukung umur panjang Anda. Tambahnya lagi, minum sekali sehari minuman yang kaya serat ini, membantu menjaga kesehatan usus dan frekuensi buang air besar meningkat namun tetap sehat.

4. Air

Meskipun banyak minuman luar biasa nikmat, tetapi Anda tak boleh mengabaikan minuman seadanya ini, air putih. Dokter Ascher menjelaskan, air membantu kita membuat limbah dan racun tubuh melalui urin, buang air besar, dan keringat. Air juga membantu semua organ berfungsi dengna baik. Jika perlu membuat rasa lebih bervariasi, Anda bisa menambahkan air perasan lemon atau membuatnya menjadi infuse water dengan campuran buah segar serta daun mint.

5. Kaldu tulang

Kaldu tulang popular sebagai penyembuh. Bukan tanpa alasan, selama bertahun-tahun rebusan tulang ini kaya akan elektrolit, protein, dan nutrisi lainnya yang mendukung kesehatan. Kandungan tersebut, khususnya protein, dapat membantu mempertahankan massa otot dan mencegah cedera.

Selain yang disebutkan di atas, kaldu tulang juga mengandung kolagen, glutamin, gelatin, dan glisin, semuanya dapat mendukung kesehatan dan penyembuhan usus.

6. Jus bit

Bir mengandung oksida nitrat yang tinggi. Senyawa tersebut terkait dengan penurunan tekanan darah tinggi dan peningkatan sirkulasi. Jelas dokter Ascher, jus bit jadi sumber antioksidan yang baik dan penuh dengan vitamin serta mineral untuk menurunkan risiko penyakit jantung.

Itulah keenam minuman terbaik untuk panjang umur. Adakah minuman tertentu yang Anda minum setiap hari dan membuat Anda senantiasa sehat?