5 Hal Positif yang Didapatkan dalam Pertemanan Sehat
Ilustrasi pertemanan yang sehat (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Berjejaring sosial dibutuhkan sejak masih kecil hingga dewasa. Dalam menjalani kehidupan, berteman berkaitan dengan pengembangan diri dan lebih menikmati hidup. Pertemanan yang sehat menurut Suzanne Degges-White, Ph.D., konselor berlisensi dan profesor di Northern Illinois University, erat kaitannya dengan kesejahteraan fisik, umur panjang, dan kesehatan mental.

Manusia sebagai makhluk sosial, menyerap pertemanan yang sehat dalam aspek positif. Bahkan mendapatkan support system dari hubungan pertemanan dapat membantu kita mengatasi tantangan hidup. Disamping hal tersebut, berikut manfaat positif dari persahabatan sehat.

1. Lebih mencintai dan menghargai diri sendiri

Sekelompok orang yang berteman dengan sehat, akan menghargai batasan dalam hubungan mereka. Meski membantu teman untuk memenuhi kebutuhan emosional, tetapi teman yang solid tidak melangkahi batasan. Bahkan Anda juga harus membuat pilihan yang tidak membahayakan diri sendiri. Dengan begitu, Anda akan lebih mencintai dan menghargai diri sendiri.

2. Mendapatkan masukan yang jujur dan terbuka

Orang manipulatif tentu tidak memberikan secara jujur dan terbuka karena berorientasi pada keuntungan pribadi. Apabila Anda memiliki teman yang memberikan pendapat secara jujur, terbuka, dan tidak menghakimi, maka pertahankan hubungan pertemanan yang sehat tersebut.

pertemanan yang sehat
Ilustrasi pertemanan yang sehat (Freepik)

3. Perhatian bersifat dua arah

Setiap orang memiliki kepribadian dan sifat yang beraneka ragam. Tentu keragaman tersebut membuat relasi pertemanan jadi lebih berwarna. Bahkan secuek apapun teman, tanpa sadar ia memiliki komitmen sehingga memberikan perhatian pada temannya yang lain. Nah, ini salah satu hal positif yang didapatkan dari pertemanan yang sehat.

4. Punya pendukung ketika menghadapi masa sulit

Sekuat-kuatnya manusia, tetap membutuhkan dukungan emosional ketika menghadapi masa sulit. Dilansir Psychology Today, Senin, 23 Mei, ketika Anda memiliki hubungan pertemanan yang sehat, Anda bisa mendapatkan dukungan emosional. Ikatan emosional dalam pertemanan, juga berkaitan dengan kedekatan dan komitmen.

5. Lebih banyak tertawa

Banyak studi membuktikan bahwa tertawa tidak hanya menyehatkan mental, tetapi juga fisik. Dengan memiliki teman yang menyenangkan diajak tertawa bersama, Anda akan mendapatkan manfaat positifnya.

Itulah yang akan Anda dapatkan ketika memiliki hubungan pertemanan yang solid dan tanpa konflik. Untuk menjaga pertemanan yang sehat, Anda perlu menjaga komunikasi dengan teman-teman Anda. Jadikan mereka sebagai prioritas setelah menyelesaikan prioritas utama.