Tanpa Promosi, Hayao Miyazaki Rilis Film Terakhir, <i>How Do You Live</i>
Hayao Miyazaki (tangkapan layar)

Bagikan:

JAKARTA - Hayao Miyazaki merilis film terakhirnya pada hari ini, Jumat, 14 Juli. Film bertajuk How Do You Live ini tayang secara teatrikal tanpa materi promosi dari pihak Studio Ghibli.

Melansir The Independent, judulnya terinspirasi dari novel yang dirilis tahun 1937 karya Genzaburo Yoshino, namun ceritanya dibuat orisinal oleh Miyazaki. Naskahnya disebut mengisahkan seorang laki-laki yang ibunya terbunuh dalam kebakaran.

Pihak Studio Ghibli tidak merilis trailer atau iklan untuk film How Do You Live. Hal ini dikonfirmasi oleh produser Toshio Suzuki dalam sebuah wawancara.

“Sebagai bagian dari operasi perusahaan, selama bertahun-tahun Ghibli ingin orang-orang datang menonton film yang kami buat. Jadi kami berpikir tentang itu dan melakukan banyak hal berbeda untuk tujuan itu,” kata Toshio Suzuki.

“Tapi kali ini kami berpikir, “Eh, kami tidak butuh itu”. Melakukan hal yang sama berulang, Anda akan merasa lelah. Jadi kami ingin sesuatu yang berbeda,” katanya.

Suzuki membandingkan promosi film Miyazaki yang berbeda dengan pemasaran film Hollywood pada umumnya.

“Ada film Amerika yang rilis pada musim panas ini bersamaan. Mereka punya tiga trailer dan merilisnya satu per satu. Jika kalian menonton ketiganya, Anda tahu semua yang terjadi dalam film. Jadi bagaimana rasanya penonton?” lanjutnya lagi.

“Ada orang, yang setelah menonton semua trailer, tidak mau menonton filmnya. Jadi saya ingin melakukan yang berbeda dari itu,” tegas Suzuki.

Pada September 2013, Hayao Miyazaki mengumumkan pensiun dari produksi film karena umurnya, namun ia berharap tetap mengerjakan Studio Ghibli Museum. Sejak tahun 1963, Miyazaki mengerjakan film dan serial termasuk beberapa di bawah produksi Studio Ghibli.