Bagikan:

YOGYAKARTA – Budayawan sekaligus penyair Emha Ainun Najib alias Cak Nun dilarikan ke rumah sakit. Ia dikabarkan mengalami pendarahan otak. Di luar dari kabar tersebut, masyarakat harus tahu pengertian dan penyebab pendarahan otak.

Pendarahan otak adalah salah satu kondisi medis yang harus mendapatkan penanganan serius. Saat seseorang mengalami pendarahan di otak, dan tak ditangani dengan cepat maka berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan lainnya.

Pengertian dan Penyebab Pendarahan Otak

Pendarahan otak atau brain hemorrhage adalah suatu kondisi medis yang terjadi saat pembuluh arteri di otak pecah serta berdampak pada masuknya darah tersebut ke jaringan otak. Pendarahan otak juga jadi salah satu jenis penyakit stroke. Saat darah arteri masuk ke otak maka akan menimbulkan matinya sel otak.

Pendarahan otak juga memicu iritasi di jaringan otak. Saat hal itu terjadi maka akan menimbulkan bengkak atau cerebral edema. Akan terjadi penggumpalan darah lalu menekan jaringan otak, hingga menyumbat alirah darah di area otak. Saat hal itu terjadi, maka pasokan oksigen ke otak jadi terganggu dan sel otak bisa rusak bahkan mati.

Pendarahan otak bisa dipicu oleh berbagai hal dan bisa dialami oleh siapa saja. Beberapa penyebabnya adalah sebagai berikut.

  1. Hipertensi

Hipertensi atau darah tinggi ternyata jadi penyebab terbesar yang memicu pendarahan otak. Darah tinggi dapat melemahkan dinding darah, termasuk pembuluh darah di otak. Saat darah tinggi, jantung akan memompa darah untuk memasok oksigen dan nutrisi. Saat tekanan darah tinggi, pembuluh darah akan pecah dan mengalir keluar. Jika hipertensi tak ditangani dan tak dikendalikan maka bisa memicu stroke pendarahan.

  1. Trauma Kepala

Trauma kepala atau cidera di kepala juga dapat memicu kondisi pendarahan di otak. Seperti diketahui, kepala merupakan bagian tubuh inti di mana otak tertanam. Saat kepala mengalami benturan hingga menembus tengkorak, maka akan menyebabkan luka di otak dan terjadi pendarahan otak.

Harus diketahui pula bahwa benturan kepala yang memicu pendarahan otak tidak melulu bisa dilihat mata. Banyak pula cedera kepala yang tak terlihat ada tanda-tanda luka, memar, atau cidera lain namun menyebabkan pendarahan otak.

  1. Aneurisma

Pembengkakan pembuluh darah atau aneurisma dapat memicu pembuluh darah jadi lemah. Saat hal itu terjadi maka pembuluh darah mudah pecah hingga berdampak pada pendarahan otak. Seseorang yang mengalami ini biasanya akan terkena stroke.

  1. Pembuluh Darah Mengalami Kelainan

Kelainan pembuluh darah akan membuat dinding pembuluh darah di otak lemah hingga mudah mengalami pendarahan. Hal ini disebut dengan malformasi arteri vena.

  1. Gaya Hidup Tak Sehat

Pendarahan otak tidak hanya disebabkan oleh kondisi medis, namun bisa dipicu oleh gaya hidup yang tidak sehat. Misalnya, sering mengonsumsi junkfood hingga obesitas. Atau bisa pula dipicu oleh kegemaran seseorang mengonsumsi makanan bergaram tinggi.

Itulah beberapa penyebab pendarahan otak. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.