Tukul Arwana Alami Pendarahan di Otak, Kenali Apa Itu Penyakit Stroke
Tukul Arwana (Instagram /@tukul.arwanaofficial)

Bagikan:

JAKARTA - Tukul Arwana mendadak dibawa ke rumah sakit, Rabu 22 September. Informasi yang diperoleh, komedian senior itu dibawa ke Rumah Sakit Pusat Otak Nasional, Cawang, Jakarta Timur lantaran pendarahan di otak yang berpotensi menyebabkan stroke.

Kepada VOI, Jumat, 24 September, dr. Anita Larasati menjelaskan perihal penyakit stroke. Stroke merupakan suatu penyakit yang terjadi apabila otak tidak mendapat pasokan darah yang cukup lantaran terjadinya penyumbatan atau pecah pembuluh darah. Tanpa darah, otak tidak akan mendapat asupan oksigen dan nutrisi. 

Stroke dapat terjadi secara tiba-tiba. Pasien yang terkena penyakit stroke dapat mengalami penurunan fungsi otak secara drastis yang dapat mengakibatkan lumpuh hingga hilang kesadaran.

“(Stroke itu) terjadinya seperti pukulan tiba2 terjadi, pasiennya yang mengidap itu langsung mengalami penurunan fungsi otak secara drastis, seperti lumpuh, lidah pelo, hilang kesadaran, sakit kepala berat,” ujar dr. Anita.

dr. Anita Larasati (sumber: wawancara eksklusif VOI)

Stroke yang dialami oleh Tukul Arwana merupakan jenis stroke pendarahan yang diawali dengan sakit kepala berat.

“Kalau mas Tukul sakit kepala berat, katanya sampai bahkan menyebabkan kematian. Nah karena stroke itu sakit pembuluh darah dan bisa terjadi dua cara, sumbatan atau pendarahan, bisa kita bilang yang terjadi pada mas tukul itu stroke pendarahan,” lanjut dr. Anita.

Anita Larasati juga menyebutkan bahwa penyebab utama pecahnya pembuluh darah otak yaitu karena dindingnya lemah. Kondisinya yang lemah dapat disebabkan karena kebiasaan seseorang makan makanan yang tidak baik seperti berlemak, kolesterol, atau penyakit aneurisma. Aneurisma terjadi karena adanya malformasi di pembuluh darah otak sehingga lebih lemah. 

Ilustrasi Otak (Robina Weermei/Unsplash)

Faktor lain yang memengaruhi pecahnya pembuluh darah yaitu tekanan darah yang tinggi.

“Bisa juga karena tekanan darah yang tinggi selain lemah pembuluh darahnya, tekanan darahnya tinggi, jadi pecah terjadi pendarahan di otak gitu,” ungkap dr. Anita.

Stroke dapat menyebabkan berbagai macam komplikasi dan sebagian besar dapat berakibat fatal. Untuk itu, jika Anda mengalami gejala seperti mual, sakit kepala hebat, penurunan kesadaran, hingga gangguan keseimbangan, sebaiknya segera datangi rumah sakit untuk melakukan check up