Bagikan:

YOGYAKARTA - Bagi pelaku usaha berjualan produk, stok barang menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Selain strategi pemasaran, pengelolaan stok barang secara baik juga menjadi kunci kesuksesan sebuah bisnis. Lantas bagaimana prosedur penanganan stok barang di gudang?

Supaya operasional bisnis bisa berjalan dengan lancar, manajemen stok barang harus diurus dengan baik. Sebab jika terjadi sedikit kesalahan dalam pendataan stok barang maka bisnis bisa berantakan hingga mengalami kerugian. 

Apabila jumlah barang terhitung sedikit, maka pengelolaannya masih mudah. Namun jika produk Anda banyak, maka manajemen stok barang tidak mudah. Oleh karena itu setiap pebisnis perlu memahami prosedur penanganan stok barang di gudang secara tepat.

Prosedur Penanganan Stok Barang di Gudang

Tidak sedikit pebisnis yang kesulitan dalam mengelola stok atau persediaan barang. Pengelolaan stok barang memang harus dilakukan dengan teliti dan cermat, mulai dari jumlah produk, jenis produk, kondisi produk, hingga jadwal distribusi. 

Berikut ini tips prosedur penanganan stok barang yang dapat Anda terapkan:

Memiliki Gudang Penyimpanan yang Memadai

Tempat penyimpanan barang harus memiliki luas yang memadai agar memudahkan pengelolaan stok produk. Gunakan tempat khusus untuk meletakkan produk-produk bisnis Anda, bisa itu memakai gudang luas, rak gudang, etalase, dan lainnya. 

Mencatat Daftar Stok Barang

Dalam melakukan manajemen stok barang, Anda perlu mencatat daftar produk yang ada. Untuk menangani tugas ini, biasanya perusahaan memiliki satu orang khusus yang bertanggung jawab mengurusi segala jenis pencatatan produk. 

Pencatatan stok barang harus dilakukan dengan teliti dan cermat agar tidak terjadi kesalahan data. Dengan adanya data yang detail, maka akan melancarkan penglolaan stok barang, mulai dari pengadaan hingga distribusi produk. 

Membuat Perencanaan Persediaan Barang dan Jadwal Stok

Apabila data sudah terkumpul, maka selanjutnya Anda perlu membuat forecast atau perencanaan persediaan barang. Anda dapat menentukan jumlah barang yang dibutuhkan dalam jangka waktu atau periode tertentu. 

Anda juga perlu merencanakan jadwal pembelian barang. Langkah-langkah tersebut akan memudahkan Anda dalam menghitung budget persediaan barang. 

Membuat Kode Khusus pada Setiap Produk

Banyak jenis dan jumlah barang di gudang kerap membuat Anda kebingungan dan kesulitan mengenali produk yang dicari. Selain itu, produk yang ada biasanya juga memiliki perbedaan dari segi warna, motif, hingga modelnya. Untuk memudahkan proses pengelompokkan dan pengambilan barang, Anda perlu membuat kode khusus pada setiap produk. 

Memisahkan Stok Lama dengan Stok Baru

Jangan campurkan barang stok lama dengan stok yang baru. Itu akan membuat Anda kebingungan saat mengelola stok barang, baik saat mencatat dan menghitung persediaan produk. Jadi Anda perlu memisahkan stok lama dan stok baru agar memudahkan manajemen barang di gudang. 

Stock Opname secara Berkala

Dalam mengelola stok barang, Anda perlu melakukan stock opname secara berkala. Hitung dan data jumlah produk yang ada di gudang setiap jangka waktu atau periode tertentu. Anda harus mencocokan catatan atau data dengan jumlah sebenarnya barang yang ada di gudang. 

Demikianlah prosedur penanganan stok barang di gudang agar operasional bisnis bisa berjalan dengan jalar. Pengelolaan stok barang perlu dilakukan sebaik mungkin baik dari segi tempat, metode pencatatan, hingga stok opname secara berkala. Manajemen stok barang yang baik juga berperan penting dalam kesuksesan sebuah bisnis. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.