Manfaat Aplikasi Stok Gudang Dari majoo dalam Mengelola Persediaan
Foto: Dok. Antara

Bagikan:

JAKARTA - Dalam sebuah perusahaan gudang merupakan hal yang penting dalam menyimpan stok bahan baku dan bahan produksi yang siap jual. Sehingga diperlukan karyawan untuk memanajemen seluruh stok barang yang ada dalam gudang.

Kemajuan teknologi tentunya bisa menjawab semua kesulitan dalam mengelola gudang. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi stok gudang dari majoo Indonesia dimana karyawan tidak lagi dipusingkan dengan memantau keluar masuk stok barang yang ada di gudang.

Selain itu, masih banyak manfaat dari aplikasi gudang seperti optimalisasi, identifikasi semua transaksi dan kuantitas persediaan secara cepat. Aplikasi stok gudang juga berguna untuk mengelola secara efektif di mana produk disimpan dan untuk dapat mengangkut dan mendistribusikan produk secara efisien.

Untuk meningkatkan manajemen gudang, bisnis logistik tentunya membutuhkan perangkat lunak stok gudang, sehingga membantu menjalankan bisnis dengan lebih efisien. Sebelum membahas manfaatnya, maka kamu juga harus mengetahui beberapa kesulitan dalam mengelola gudang.

Kesulitan Perusahaan Dalam Mengelola Stok Barang

Kecepatan daya konsumsi masyarakat membuat perusahaan harus bergerak cepat untuk memenuhi permintaan. Sehingga hasil produksi akan ditaruh di dalam gudang. Nah, kecepatan produksi dan distribusi tentu membuat beberapa tantangan, diantaranya adalah:

1. Masa kadaluarsa barang

Jika perusahaan memproduksi barang yang memiliki kadaluarsa seperti makanan dan kosmetik, tentunya memerlukan manajemen inventory yang baik. Karena sifat barang yang dapat rusak atau tidak dapat digunakan jika tidak terjual tepat waktu. Produk yang rusak berarti perusahaan merugi dan tentu saja tidak ada keuntungan yang dihasilkan.

2. Stok mati

Tantangan selanjutnya dalam mengelola stok barang selain tanggal kadaluarsa yang menyebabkan barang rusak dan tak bisa dijual. Selanjutnya ada stok mati adalah sesuatu yang tidak dapat dijual untuk keperluan lain, misalnya barang tersebut sudah tak bisa dijual lagi atau tidak relevan untuk dijual. Seringkali, sesuatu dinyatakan "mati" setelah duduk di rak selama 12 bulan.

3. Biaya penyimpanan mahal

Biaya penyimpanan bervariasi tergantung pada seberapa banyak waktu yang digunakan untuk menyimpan produk tersebut. Jika sebuah perusahaan memiliki terlalu banyak produk dalam waktu bersamaan atau berakhir dengan produk yang sulit dijual, maka biaya penyimpanan akan naik.

4. Penyimpanan berantakan

Menyimpan barang di tempat tidak sesuai hanya membuat gudang menjadi sesak, tetapi juga menurunkan kualitas pelayanan konsumen, karena pencarian produk di gudang membutuhkan waktu yang lama.

Masalah pelacakan penyimpanan barang akan terus memburuk ketika kamu membiarkannya. Semakin banyak hal yang ditambahkan dan ruang yang tersedia menyusut, masalah akan semakin bertambah. Oleh karena itu, aplikasi gudang memiliki kelebihan dalam mengatur persediaan produk berdasarkan kelompok agar lebih efisien.

5. Permintaan barang naik turun

Ada banyak faktor yang menyebabkan permintaan barang naik dan turun. Jika terjadi krisis keuangan global yang menurunkan daya beli masyarakat, produk yang ada di gudang tidak akan laku dan bisnis akan merugi.

6. Tata letak gudang tidak berfungsi

Setiap perusahaan memiliki caranya sendiri dalam mengatur dalam menyimpan barang di gudang. Tidak jelas apakah tata letak gudang yang tepat dapat digunakan untuk bisnis komersial dan industri atau persewaan.

Tata letak gudang yang tidak sesuai dengan model perusahaan sering mengakibatkan keterlambatan penempatan produk keluar masuk gudang. Pada akhirnya, layanan pelanggan akan terganggu. Dengan menggunakan aplikasi stok gudang maka masalah ini dapat diselesaikan dengan mudah.

Pengertian Aplikasi Gudang

Aplikasi gudang adalah aplikasi berbasis online untuk mengelola dan merekam keluar masuknya produk di setiap gudang perusahaan. Fitur perangkat lunak inventaris mencakup pengumpulan inventaris waktu nyata, pelacakan inventaris, dan impor data inventaris massal. Perangkat lunak gudang sangat penting bagi bisnis untuk mengelola inventaris atau aset menganggur yang menunggu untuk dikirimkan atau dijual.

Manfaat dan Tujuan Aplikasi Gudang

Salah satu tantangan terbesar dalam menjalankan bisnis adalah kebutuhan untuk mengelola inventaris secara efektif. Masalahnya adalah ketika bisnis tumbuh, tantangan ini meningkat.

Untuk dapat meningkatkan penjualan di berbagai saluran pemasaran untuk mengembangkan bisnis, penggunaan aplikasi gudang menjadi syarat utama bagi bisnis. Berikut adalah beberapa manfaat menggunakan solusi aplikasi gudang:

1. Pengaturan saldo

Manfaat pertama menggunakan perangkat lunak adalah mempermudah pengelolaan saldo. Pada aplikasi inventory akan terdapat fitur khusus yang berisi tentang pengumpulan atau pelaporan pendapatan perusahaan.

Oleh karena itu, mengatur keseimbangan itu mudah. Misalnya, memastikan produk atau jumlah produk, dll. Terorganisir dengan baik sehingga kamu tidak perlu khawatir kekurangan keseimbangan. Hal ini akan meningkatkan pendapatan perusahaan.

2. Akurat dan efisien

Salah satu manfaat paling penting dari pelacakan inventory adalah mengurangi jumlah inventaris yang harus dimiliki bisnis dan meningkatkan akurasi pesanan. Dengan mengurangi inventaris yang disimpan, bisnis dapat menghemat banyak uang dan tenaga.

Beberapa perusahaan menggunakan peralatan gudang yang dapat menutup satu atau lebih lokasi untuk menghemat uang. Selain itu, alat inventaris berguna untuk menjaga akurasi tingkat stok, termasuk catatan dan jumlah yang dibutuhkan dalam waktu dekat.

Mengadopsi beberapa strategi ini dapat meningkatkan laba atas investasi perusahaan. Penggunaan perangkat lunak memudahkan pelaku bisnis untuk melakukan akuntansi atau pembukuan secara teratur.

Dengan kata lain, jika ada produk yang masuk atau keluar akan langsung terdeteksi di laporan sehingga produk terupdate secara otomatis. Tidak perlu lagi melakukan perubahan secara manual agar tidak membuang waktu. Hasilnya lebih akurat dan kuat.

3. Mengurangi biaya

Lebih sedikit kesalahan berarti lebih sedikit uang yang dihabiskan untuk memperbaikinya. Akurasi yang lebih besar sama dengan lebih sedikit kesalahan, yang berarti lebih sedikit uang untuk pengendalian kerusakan.

Pengorganisasian juga menghemat biaya penyimpanan yang tidak perlu. Karena sistem melacak jumlah produk yang dipasok, manajer gudang dapat mengetahui item yang perlu diperbarui secara otomatis. Ini membuka peluang untuk berbagai produk dan mengurangi biaya persediaan.

Memasukkan otomatisasi ke dalam sistem manajemen inventaris kamu juga menghemat banyak waktu dan uang. Lebih sedikit tangan yang diperlukan untuk memilih, mengemas, dan menyiapkan barang untuk dikirim ketika sistem teknologi digunakan dengan benar.

4. Meningkatkan visibilitas dan perencanaan data

Fitur yang terdapat dalam aplikasi gudang memiliki manfaat untuk memudahkan transfer data dengan mudah. Selain memiliki gudang data yang terpusat, perusahaan dapat membuat aset datanya sendiri untuk menganalisis dengan lebih baik apa yang terjadi dalam bisnis.

Dengan informasi ini, bisnis dapat menjawab pertanyaan seperti ke mana barang dikirim dan siapa yang mereka layani. Dalam dunia bisnis modern saat ini, teknologi sangat penting dalam kompetisi.

Hal ini memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan proses dan jangkauan penjualan mereka, sehingga meningkatkan fleksibilitas dan menghasilkan keuntungan. Jadi, meskipun manajemen gudang sangat berguna di sisi produksi, namun juga berguna di sisi pemasaran.

Itulah beberapa tips dan manfaat yang dapat diberikan aplikasi gudang seperti yang dimiliki oleh majoo, sehingga dapat membantu meningkatkan bisnis kamu.