15+ Rekomendasi Aplikasi Stok Barang Populer 2021
Aplikasi stok barang sekarang memang sangat dibutuhkan buat Anda pelaku usaha atau bisnis. (foto: freestocks/unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Aplikasi stok barang sekarang memang sangat dibutuhkan buat Anda pelaku usaha atau bisnis. Entah itu usaha apapun, selama Anda melakukan transaksi jual beli barang maka Anda harus jeli dan pintar dalam mengatur stok masuk dan keluar dari gudang.

Aplikasi stok barang bisa berbasis web, php dan juga menggunakan excel baik di laptop juga android yang bertujuan memudahkan juga meminimalisir kesalahan saat pengaturan persediaan barang. Sehingga, bisnis yang dikelola dapat berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan atau masalah.

Nah, berikut ini ada 15+ Rekomendasi Aplikasi Stok Barang Populer 2021 yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan stok barang yang Anda lakukan.

Rekomendasi Aplikasi Stok Barang Populer 2021

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi aplikasi  stok barang antara lain:

  1. Jurnal

Jurnal adalah sebuah aplikasi stok barang yang berbasis cloud dan program ini cocok untuk memenuhi kebutuhan bisnis mulai dari yang berskala kecil sampai menengah atau untuk sektor UMKM. Aplikasi ini juga mudah digunakan, dan gratis, sehingga kegiatan laporan stok barang yang dilakukan lebih akurat dan tepat.

Dijelaskan pada halaman situsnya mengenai aplikasi stok barang di https://www.jurnal.id/id/aplikasi-stok-barang/, Jurnal memiliki fitur yang terbilang lengkap seperti pencatatan keuangan, pembuatan faktur, pencatatan biaya, pemasukan, pengeluaran, persediaan, manajemen asset dan sebagainnya. Kelebihan jurnal ini bisa diakses dari mana saja dan kapan saja tanpa takut sulit menggunakannya.

Aplikasi ini bisa digunakan gratis di fase pertama selama 14 hari. Selebihnya Anda bisa berlangganan untuk menggunakan aplikasi stok barang ini.

  1. Inventory Management

Aplikasi stok barang yang pertama dan cocok bagi pelaku usaha kelas pemula, di mana cara penggunaannya cukup mudah dipahami. Sesuai dengan namanya, aplikasi stok barang gratis Inventory Management ini dapat merekam informasi kegiatan inventaris dengan mudah.

Fitur utamanya bisa untuk mencatat stok barang yang akan dijual dan juga stok barang yang akan dibeli sebagai kebutuhan bisnis.  Aplikasi ini juga memiliki fitur lain, seperti bisa kelola item. Di mana dalam fitur kelola item, Anda dapat menambah atau menghapus stok barang sesuai kebutuhan.

Untuk mengurangi kesalahan dalam mengatur barang, contohnya ada selisih stok dari barang yang masuk dan keluar, maka Inventory Management memiliki fitur pendukung. Fitur ini berfungsi untuk melihat riwayat transaksi yang pernah dilakukan secara keseluruhan sebelumnya.

  1. Stock and Inventory Simple

Aplikasi stok barang selanjutnya juga cukup dikenal yaitu Stock and Inventory Simple. Aplikasi yang memiliki rating tinggi dengan jumlah pengunduh sebanyak sebanyak 500 ribu lebih.  Aplikasi ini mampu membantu untuk mengatur stok  barang secara efektif dan efisien.

Hal ini dikarenakan proses penginputan data barang yang dibuat dengan mudah, bahkan Anda bisa menginputnya secara manual juga bisa melalui proses impor dari file Excel. Di mana, Anda juga bisa melakukan proses ekspor ke file Excel dengan mudahnya.

Dan juga bisa menambahkan beberapa gambar untuk mendeskripsikan sebuah barang melalui fitur Take Photos atau Add Images. Jika Anda tidak ingin mengalami kesulitan dalam mencari suatu item, maka aplikasi ini memiliki fitur yang memungkinkan untuk mengatur barang ke sebuah folder. semua item yang ada tinggal dilihat karena sudah tersusun rapi.

  1. eStock: Stock Manager, Inventory Manager

Aplikasi stok barang gratis lainnya bernama eStock yang tergolong baru. Aplikasi ini memudahkan Anda untuk mengatur stok barang karena dengan mudah dapat menambahkan berbagai detail barang, seperti  nama barang, ID barang, dan deskripsi barang. Juga ada fitur QR  dan Barcode untuk membaca kode barang yang dimiliki.

Selain itu, ada juga fitur yang memungkinkan untuk membuat laporan dari daftar stok barang yang sudah diatur sebelumnya. Jadi, tidak perlu lagi membuat laporan secara manual.

  1. Smart Inventory System

Memiliki tampilan antarmuka yang sederhana, tidak membuat aplikasi ini berkurang keunggulannya. Smart Inventory System dibuat dengan ragam fitur menarik, seperti adanya penggunaan sistem barcode di setiap barang yang di daftarkan.  Anda bisa membuat item serta mencetak tag harga sebuah barang untuk dijadikan sebagai barcode.

Aplikasi ini juga bisa membantu dalam sebuah perubahan jumlah item barang dan memeriksa ketersediaan stok barang secara cepat. Dengan demikian, dapat dipastikan bahwa usaha Anda akan berjalan lancar dan lebih optimal.

  1. Stock Count

Stock Count sebuah aplikasi stok barang yang dapat membantu Anda untuk menghitung dan memeriksa stok suatu barang dengan cara cepat dan mudah. Dalam prosesnya, aplikasi gratis ini juga memiliki fitur barcode scanner yang tersambung dengan kamera di perangkat Anda. Sehingga, Anda bisa memeriksa stok barang di mana dan kapan saja dengan mudah.

Aplikasi ini juga tersambung dan terintegrasi dengan layanan e-mail. Sehingga, di setiap data, laporan stok barang, juga riwayat transaksi dapat dikirimkan langsung ke e-mail Anda. Hal ini tentu akan semakin memudahkan manajemen ketersediaan stok barang di dalam satu aplikasi.

  1. Inventory Management App – Zoho Inventory

Aplikasi yang menjadi salah satu aplikasi yang terbilang terlengkap dari sisi fungsinya. Dimana, Anda dapat mengelola ketersediaan stok barang, membuat pesanan penjualan secara offline dan online, melihat transaksi penjualan barang, dan menerima pembayaran suatu barang lewat sistem online dalam satu aplikasi.

Adanya paket lengkap yang tersedia di aplikasi ini, akan menguntungkan dan memudahkan Anda dalam melakukan bisnis. Hal ini dikarenakan adanya fitur manajemen kontak, yang membantu untuk selalu terhubung dengan kontak rekan bisnis juga dapat memiliki akses ke detail customer atau pelanggan yang Anda miliki.

  1. Mobile Inventory

Aplikasi stok barang ini terbilang gratis adalah Mobile Inventory. Walau aplikasi ini tergolong sederhana, namun kenyataannya  aplikasi ini sangat membantu, khususnya bagi Anda sebagai pelaku usaha kecil dan menengah. Fitur gratis yang tersedia terbilang lengkap, seperti Manajemen Bursa, Manajemen Saham, Mengambil Persediaan, Filter Item Berdasarkan Kategori, dan lainnya.

Banyak fitur gratis yang bisa didapatkan pada aplikasi ini. Aplikasi ini juga menyediakan fitur premium, di mana Anda harus membayar dahulu sebelum bisa menggunakan fitur-fitur premiumnya.

  1. Inventory, Purchase, Sales Order

Jika Anda membutuhkan satu paket fitur untuk memanajemen ketersediaan stok barang sampai pada proses pemesanan dan penjualan, maka aplikasi ini menjadi pilihannya. Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur utama juga fitur pendukung, seperti fitur Manajemen Persediaan, Purchase Order, Sales Order, sampai Barcode Terintegrasi.

Aplikasi yang memungkinkan untuk melakukan proses transaksi pembelian juga penjualan dengan customer atau supplier Anda.  Sehingga, Anda dapat bertransaksi lebih efektif dan efisien dan meminimalisir kesalahan perhitungan stok barang terjadi.

  1. Easy Catalogue

Pada umumnya aplikasi stok barang versi gratis harus terkoneksi ke internet atau sistem online, ini berbeda dengan aplikasi Easy Catalogue yang bisa digunakan saat offline. Anda dapat mengakses fitur-fitur yang ada di aplikasi ini kapan pun dan di mana pun dengan mudah.

Fitur yang tersedia seperti mengelola ketersediaan atau stok barang dari pembelian maupun penjualan. Anda juga bisa menyimpan data ketersediaan stok barang dan dapat menambahkan beberapa detail atau deskripsi pada barang yang telah didaftarkan.

  1. Inventory Keeper

Rekomendasi aplikasi stok barang selanjutnya adalah Inventory Keeper. Aplikasi Inventory Keeper ini berfungsi untuk menjaga data persediaan stok barang. Juga, aplikasi ini memiliki fitur menambahkan, mengurangi, dan mencari stok barang. Sehingga, ketersediaan stok bisa di data secara rapi.

Fitur yang tersedia di aplikasi ini, dapat dengan mudah menunjukkan data informasi mengenai barang apa saja yang memiliki grafik penjualan tertinggi. Aplikasi ini bisa digunakan untuk Anda yang memiliki usaha kelas menengah.

  1. Stock Controller – Inventories

Aplikasi Stock Controller adalah sebuah aplikasi stok barang gratis dan sederhana yang dibuat untuk memanajemen stok baran. Dengan aplikasi ini, Anda dapat menggunakan fitur yang tersedia, seperti membuat gudang berdasarkan jenis barang, mengelola persediaan stoknya, dapat memilih foto barang yang ingin ditambahkan ke dalam aplikasi, dan lainnya.

Keunggulan lain dari Stock Controller yaitu Anda dapat menggunakan beberapa user atau pengguna pada satu aplikasi. Sehingga, bagi yang memiliki lebih dari satu jenis usaha, maka dapat menggunakan aplikasi ini bersamaan dengan user yang berbeda tentunya.

  1. Simple Stock Manager

Aplikasi dengan tampilan sederhana dan user friendly, bernama Simple Stock Manager. Anda bisa mendapatkan beberapa fitur andalan, seperti stok dan inventaris barang hanya dengan cara mendaftarkan barang dan memasukkan riwayat transaksi sebelumnya.

Ada fitur Barcode atau fitur pemindaian untuk bisa menemukan banyak informasi barang dengan cepat juga mudah. Keunggulan lain yaitu dengan adanya notifikasi atau pemberitahuan ketika ada stok barang yang minim dan membutuhkan penambahan stok untuk melengkapi kebutuhan usaha.

Selain fitur diatas, ada juga fitur backup data, di mana data-data stok barang yang disimpan secara otomatis ada di dalam aplikasi ini. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di play store.

  1. Household Register

Untuk Anda sebagai pengguna Windows, maka bisa menggunakan aplikasi Houseold Register untuk mengelola dan mengatur stok barang yang akan dijual.

Kelebihan dari aplikasi ini yaitu fitur kategori yang super lengkap sehingga memungkinkan Anda untuk menggabungkan banyak produk sesuai dengan jenisnya.

Anda akan mendapatkan akses penuh untuk melabeli setiap barang yang dijual juga bisa mengatur lokasi penyimpanan barang secara detail.

  1. Inflow Inventory

Khusus pengusaha pemula, untuk mengelola sebuah toko Anda bisa menggunakan aplikasi satu ini. Inflow Inventory ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan seperti melacak biaya, mengatur segala bentuk pesanan hingga mengontrol keseluruhan stok barang yang ada.

Aplikasi ini banyak digunakan oleh para pengusaha online shop yang bertujuan untuk mendata dan mengatur flow penjualan yang terjadi sehingga bisa lebih menghemat waktu dan lebih akurat.

  1. Vladovsoft Sklad

Vladovsoft Sklad adalah sebuah aplikasi stok barang yang bisa dimanfaatkan untuk membantu mengecek persediaan barang, pengelolaan toko dan juga memberikan tabel dengan mudah dan terstruktur rapi.

Aplikasi yang memiliki alur sistem yang sangat baik dan bisa membuat catatan penjualan lebih terperinci baik untuk flow barang keluar dan masuk.

  1. Bhansali Inventory

Aplikasi stok barang yang juga tidak kalah keren yaitu Bhansali Inventory. Di mana, aplikasi ini menawarkan dalam hal ketersediaan dan pengelolaan stok barang yang akan dijual.

Selain itu secara rapi bisa membuat laporan secara terperinci, bahkan sampai ke dalam urusan pajak perusahaan. Jadi, bisa dibilang aplikasi ini cocok untuk Anda yang dipercaya untuk mengurusi semua hal terkait inventory barang di gudang.

Nah, itulah pembahasan menarik mengenai 15+ Rekomendasi Aplikasi Stok Barang Populer 2021, semoga menjadi manfaat.