Bagikan:

JAKARTA - Perkembangan teknologi telah membuat operasional suatu bisnis menjadi lebih mudah dan cepat. Begitu juga ketika kamu memiliki sebuah kedai kopi atau kafe, maka ada beberapa alasan kenapa kamu harus menggunakan aplikasi kasir dalam bisnis kafe kamu.

Tak dapat dipungkiri, sekarang ini bisnis kafe merupakan usaha yang paling berkembang. Bahkan hangout pada sebuah kafe telah menjadi gaya hidup anak muda, atau pun para profesional dalam rapat bersama klien.

Sehingga kesempatan ini tentunya ditangkap oleh pelaku usaha untuk membuat kedai kopi atau kafe. Nah untuk membantu operasional kafe baik dalam hal laporan keuangan atau manajemen kafe maka dibutuhkan aplikasi kasir yang lengkap.

Seberapa pentingkah aplikasi kasir untuk bisnis kafe kamu? Hal ini tentu dapat dijawab sangat penting karena dengan menggunakan aplikasi kasir maka kamu dapat mempercepat pengelolaan transaksi di kafe.

Harga aplikasi kasir majoo dan harga mesin kasir modern sekarang ini relatif dianggap murah. Hal ini jika dibandingkan dengan manfaat yang dapat kamu peroleh ketika menggunakan aplikasi kasir online untuk bisnis kafe.

Mesin kasir di sini terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak yang merupakan sistem yang terhubung dengan mesin kasir, server, dapur, back office. Semua data dikumpulkan untuk mengontrol pengelolaan bisnis.

Aplikasi kasir untuk bisnis kafe ini dirancang untuk memfasilitasi transaksi. Seperti mengelola orderan dari pelanggan, pembayaran yang semua tercatat dalam suatu sistem keuangan yang rapi. Baik dari cash flow maupun data stok bahan yang tersedia.

Lantas apa sih alasan aplikasi kasir penting untuk bisnis kafe, berikut penjelasaannya:

1. Manajemen pesanan/orderan pelanggan

Dalam sebuah kafe atau kedai kopi proses transaksi dimulai ketika ada orderan atau pesanan oleh pelanggan. Nah aplikasi kasir ini mencatat seluruh proses transaksi mulai dari pesanan ke pelanggan, kasir mencatat pesanan, menghitung penjualan, mengurangi persediaan, mengeluarkan kuitansi. Proses ini dikenal sebagai manajemen pesanan.

Aplikasi kasir tentunya sangat diperlukan untuk memfasilitasi semua proses ini. Jika dilakukan secara manual, hasil yang diperoleh mungkin akan menemui banyak kekeliruan, selain itu membutuhakan waktu yang lama untuk mencatat semua poin tersebut.

Aplikasi kasir melakukan semuanya secara otomatis. Catat pesanan, hitung penjualan, catat persediaan, cetak struk. Ini akan mempercepat operasi manajemen kafe kamu.

2. Mudah dan cepat

Bisnis membutuhkan kecepatan transaksi, terutama kedai kopi. Jika tidak ada antrian panjang hanya karena pemrosesan transaksi yang lama. Untuk mencapai kecepatan ini, kamu memerlukan transaksi yang mudah.

Kemudahan dalam melakukan proses penjualan dapat terbantu dengan adanya aplikasi kasir. Dengan adanya automatic order management ini akan mempercepat proses transaksi penjualan. Jadi tidak perlu membuang waktu lagi untuk mengelola kafe.

3. Kembali ke pelanggan

Alasan selanjutnya kamu harus menggunakan aplikasi kasir dalam bisnis kafe adalah untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan. Kepuasan pelanggan kafe tentu menjadi prioritas penting dalam bisnis kafe agar tetap bisa kembali.

Aplikasi kasir ini dapat membantu menerapkan sistem keanggotaan atau loyalitas dan mengontrol penjualan dengan lebih baik. Aplikasi ini memungkinkan untuk membuat program keanggotaan dalam bentuk diskon, voucher atau poin.

Misalnya, jika ingin melakukan promosi beli 5 gratis 1, detail promosi dapat dilakukan dengan mudah di aplikasi kasir ini.

4. Keamanan dari manipulasi

Mengatasi kecurangan dari pekerja atau karyawan tentu dibutuhkan dalam suatu bisnis. Tak dapat dijamin bahwa setiap karyawan yang kamu pekerjakan memiliki kejujuran yang tinggi. Nah untuk keamanan terhadap karyawan yang nakal maka aplikasi kasir menjadi jawabannya.

Sistem keamanan yang ketat diperlukan untuk mencegah hal ini. Adanya sistem keamanan dalam aplikasi kasir, hal-hal seperti gangguan atau kebocoran dapat dengan mudah diselesaikan. Jika seorang karyawan melakukan penipuan, sistem aplikasi melindungi mereka dengan meminta PIN untuk membuka kunci akses

5. Multipayment

Aplikasi kasir menawarkan kemudahan tidak hanya kepada karyawan, tetapi juga kepada pelanggan. Aplikasi kasir memudahkan pelanggan bertransaksi dengan memilih metode pembayaran untuk invoice, mulai dari cash, voucher, debit, kredit hingga alat pembayaran digital seperti ovo, gopay dan shopeepay.

Semuanya dirancang dalam satu aplikasi sesuai dengan kebutuhan dan pelanggan.

6. Manajemen Otomatis Kelola Stok

Banyak pedagang mengeluh tentang stok barang yang dimiliki. Hal ini karena persediaan sebelumnya dicatat secara manual. Semua barang masuk dan keluar dicatat secara manual. Jadi apa yang terjadi ketika catatan hilang?

Keuntungan menggunakan aplikasi kasir adalah sistem manajemen persediaan yang dihasilkan secara otomatis. Setiap pengurangan dan peningkatan stok secara otomatis diperbarui dengan pembelian atau penjualan. Ini akan membuat catatat stok lebih mudah. 

7. Terintegrasi dengan akuntansi

Alasan yang paling utama menggunakan aplikasi kasir dalam bisnis kafe adalah data transaksi yang ada langsung terintegrasi dengan sistem akuntansi pelaporan keuangan. Hal ini diperlukan karena akuntansi adalah dasar dari bisnis. 

Jika hanya memberikan laporan penjualan dan persediaan saja tidak cukup untuk menganalisa keuangan perusahaan. Aplikasi akuntansi terintegrasi sangat menguntungkan bagi pengusaha karena tidak perlu lagi mengeluarkan modal untuk membeli aplikasi akuntansi. 

Dengan laporan keuangan, seorang wirausahawan dapat melakukan analisis keuangan yang akan memudahkan pertumbuhan bisnis.

Fungsi laporan akuntansi untuk bisnis kafe

Selain untuk menganalisis keuangan bisnis, laporan akuntansi juga diperlukan untuk keperluan lain seperti:

1. Pelajari tentang untung dan rugi besar

Laporan keuangan memberikan kamu data untung dan rugi untuk bisnis. Laporan laba rugi dapat membantu menganalisis apakah bisnis tumbuh atau menurun.

2. Materi penilaian kinerja bisnis

Setelah menentukan untung dan rugi perusahaan, kamu bisa melakukan penilaian. Sebuah penilaian bisnis harus dilakukan untuk menilai kesehatan perusahaan apakah telah membuat keuntungan atau kerugian.

3. Bahan analitik untuk keputusan bisnis

Membuat keputusan segera sangat penting ketika perusahaan sedang mengalami penurunan. Demikian pula, jika kamu mengalami keuntungan, keputusan untuk menerapkan strategi baru diperlukan.

Bagaimana memilih aplikasi kasir yang tepat

Saat ini, ada banyak aplikasi kasir dengan fitur yang berbeda. Memilih aplikasi ini harus dilakukan dengan benar sesuai dengan kebutuhan. Jadi bagaimana aplikasi kasir untuk bisnis kafe kamu?

1. Pahami kebutuhan

Hal pertama yang dapat dilakukan adalah memahami dan mencatat kebutuhan yang perlu kamu penuhi untuk kafe. Misalnya kebutuhan transaksi cepat, manajemen gudang otomatis, integrasi akuntansi, dll.

2. Sesuaikan dengan anggaran

Jumlah permintaan di kafe juga memberikan penawaran masing-masing. Fitur yang ditawarkan tentunya sebanding dengan harga yang ditawarkan. Kamu dapat memilih aplikasi yang sesuai dengan anggaran.

3. Pilih komponen yang diperlukan

Setelah memahami kebutuhan dan anggaran, maka harus mengetahui fitur yang ditawarkan di setiap aplikasi. Cari tahu tentang setiap bagian dari aplikasi apakah dapat memenuhi kebutuhan kafe atau tidak.

Salah satu aplikasi kasir yang direkomendasikan untuk bisnis kafe kamu adalah aplikasi Majoo yang memberikan kelengkapan fitur dan cocok untuk kebutuhan kafe kamu.