Manfaat Point Of Sale Buat Bisnis Restoran
Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Pos atau Point Of Sale merupakan sebuah sistem yang dimanfaatkan untuk kepentingan para pelaku usaha, agar mempermudah proses transaksi jual beli lebih cepat aman dan pastinya sistematis. POS merupakan perkembangan teknologi dari mesin kasir konvensional.

Seperti kita ketahui pada sistem pembayaran konvensional masih menggunakan cash drawer sebagai pusat pengelolaan registrasi dalam penjualan produk atau barang. Sementara point of sale kini banyak digunakan pada berbagai bisnis, dari toko, restoran, barbershop, hingga laundry.

Jika kamu masih bingung POS atau aplikasi kasir restoran telah banyak digunakan untuk membayar setelah memesan makanan. Pembayaran tidak hanya dicatat di kasir, tetapi dicatat oleh sistem POS. sebelum membahas manfaatnya, sebaiknya kamu tahu pengertian POS terlebih dahulu

Apa Itu Point Of Sale

POS atau point of sale adalah suatu sistem yang digunakan untuk melakukan jual beli di suatu pasar. Ketika kamu berbelanja di supermarket, department store, atau bahkan restoran tentunya kamu harus menyelesaikan transaksi dengan membayar di kasir.

Pada dasarnya POS ini seperti jenis cash register atau mesin kasir modern. Mesin ini biasanya memiliki laci kas tempat kwitansi kartu kredit, tagihan dan dokumen lainnya disimpan, dan printer digunakan untuk mencetak struk.

Biasanya perangkat POS ini berupa mesin, tablet, smartphone, mesin EDC, atau perangkat lain yang digunakan untuk melakukan transaksi di toko. Banyak jenis bisnis yang sekarang menggunakan sistem ini, termasuk restoran, kafe, binatu dan banyak bisnis komersial lainnya.

Awalnya gunanya POS untuk menggantikan mesin kasir untuk menghitung transaksi dengan cepat, menghemat uang dan mencetak struk, namun sekarang manfaatnya semakin bertambah. Penggunaannya juga mudah, terkadang hanya dengan menggunakan perangkat pintar seperti smartphone atau tablet saja sudah bisa menggunakan sistem POS.

Manfaat Point of Sale 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, POS memiliki banyak manfaat, tidak hanya untuk mencetak transaksi saja. Berikut adalah manfaat point of sale untuk bisnis:

1. Mencatat transaksi

Manfaat pertama Point of Sale adalah untuk mencatat transaksi. Setiap pembelian akan langsung masuk ke dalam sistem dan dicatat dengan baik. Bahkan, semua catatan bisnis ini dapat diproses secara langsung dan laporan dapat dengan mudah dianalisis.

Ketika kamu memeriksa sistem POS maka kamu akan mendapatkan data terkait dengan produk apa saja yang terjual, dan produk apa yang sering dibeli, sehingga kamu bisa menentukan strategi bisnis ke depannya.

2. Cetak struk pembelian 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, mencetak struk merupakan salah satu keunggulan dari sistem ini. Jadi kamu tidak perlu memberikan catatan tulisan tangan. 

3. Multi payment

Salah satu perkembangan teknologi sekarang ini dengan munculnya uang digital yang kini banyak digunakan masyarakat. Kamu tinggal download seperti Dana, Ovo, Gopay dll, maka kamu sudah bisa memiliki dompet dan bisa berbelanja apa saja.

Untuk menjawab kemajuan teknologi maka sistem POS dirancang untuk metode pembayaran tidak hanya tunai, tetapi juga tersedia berbagai opsi non-tunai dan opsi berbeda. Secara umum, dengan sistem POS ini, kamu juga dapat menerima berbagai pilihan pembayaran dari tunai, kartu kredit, kartu debit dan pilihan pembayaran non tunai lainnya. Setiap bukti transaksi ini akan dicatat dalam sistem.

4. Catat Inventaris 

Pencatatan terkait persediaan toko sangat penting. Ini akan mengingatkan kamu agar toko atau restoran tidak kehabisan produk, bahan baku, atau bahkan peralatan saat dibutuhkan.

Lebih khusus lagi ketika menggunakan sistem POS, kamu tidak hanya dapat melacak inventaris toko, tetapi juga mengakses data inventaris dari departemen lain di toko. Jadi, ketika produk toko terjual, kamu bisa menyarankan pelanggan untuk pergi ke cabang lain jika jaraknya lebih dekat.

5. Perhitungan untung atau rugi 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, setiap transaksi akan dicatat dalam sistem POS ini. Selain bisa mengidentifikasi produk yang sudah terjual, kamu juga bisa mendapatkan laporan untung rugi. Laporan ini lengkap dan akurat, sehingga kamu tidak lagi harus menghitung secara manual yang menyita waktu.

6. Pembatalan lebih mudah 

Dalam sebuah kebijakan perusahaan atau toko tentu berbeda dalam penerapannya. Sehingga jangan heran jika kamu pernah mendengar kata-kata di dalam struk pembelian dimana pelanggan tidak bisa dikembalikan lagi.

Ternyata hal tersebut berkaitan dengan pencatatan keuangan,dapat dikatakan bahwa proses pengembalian barang sangat sulit bagi konsumen dari segi matematika, jadi sebaiknya hindari. Sistem POS ini akan mempermudah proses pembatalan transaksi, sehingga akan memudahkan konsumen untuk masuk saat ingin refund atau pengembalian barang.

7. Data lebih aman 

Saat membuat catatan dengan manual tentu ada kemungkinan data catatan bisa hilang atau disembunyikan. Oleh karena itu, catatan berbasis cloud terlindungi dengan baik. POS berbasis cloud juga dapat menyimpan data pelanggan dengan aman. 

Tak hanya itu, sebagai pelaku bisnis tentunya kamu ingin dapat memantau atau mengawasi setiap saat. Dengan menggunakan aplikasi kasir atau POS maka kamu bisa melakukan pengawasan bisa dari berbagai tempat, tanpa harus datang ke toko.

Ketika kamu tidak berada di kantor atau tempat usaha, maka kamu masih bisa mendapat laporan dan dapat menganalisis data bisnis untuk melacak produk hanya dengan mengaksesnya dari smartphone atau tablet.

8. Layanan yang lebih baik 

Transaksi yang lebih cepat dan pembayaran yang berbeda memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik. Kualitas yang kamu berikan kepada pelanggan ini akan menjadi sesuatu yang akan diingat dan dihargai oleh pelanggan. 

Ketika menurut kamu pelayanan toko atau bisnis bagus, tentunya pelanggan akan tertarik untuk berbisnis lagi. Inilah nilai jual utama dan manfaatnya bagi bisnis. Saat ini sudah banyak penyedia sistem POS di Indonesia yang bisa menjadi pilihan untuk memperluas operasional bisnis kamu.

Salah satu layanan POS atau aplikasi kasir yang sangat lengkap direkomendasikan menggunakan aplikasi kasir majoo.

Perbedaan antara Cloud POS dan POS Konvensional 

Dengan perubahan zaman dan teknologi informasi saat ini, banyak aplikasi telah beralih menggunakan Internet atau cloud dan menjauh dari sistem tradisional. Lalu apa perbedaan Point of Sales versi lama dan baru? Berikut adalah beberapa perbedaan antara kedua jenis tersebut.

1. Biaya 

Untuk model tradisional itu sendiri biasanya membutuhkan biaya instalasi dan perawatan yang tinggi mulai dari keterlibatan langsung operator untuk mengecek perangkat hingga perangkat lunak yang dibutuhkan.

Jika kita menggunakan model cloud, biaya proses pemeliharaan dapat ditekan seminimal mungkin. Mengapa demikian? Karena versi terbarunya menggunakan EPOS (Electronic Point of Sales), maka payment pointnya sendiri merupakan langganan selama satu tahun pemakaian. 

2. Akses ke data 

Dalam mengakses data, perangkat ini biasanya menggunakan bantuan hard drive atau perangkat penyimpanan yang hanya dapat diakses di area kecil. Artinya sebuah perangkat hanya dapat diakses oleh satu perangkat saja, misalnya di tempat kerja atau di kantor.

Sedangkan untuk brand yang sudah menggunakan teknologi berbasis internet, data dapat diakses langsung menggunakan aplikasi. Jadi, proses penggunaan ini dapat dijalankan secara langsung dan dikontrol secara terpusat oleh aplikasi. Kamu hanya perlu akses akun dan ponsel atau perangkat komputer.