JAKARTA - PT. Esensi Solusi Buana (ESB), perusahaan software ERP untuk manajemen restoran terintegrasi terbesar di Indonesia, resmi meluncurkan inovasi terbarunya yaitu ESB Digital Resto yang dilaksanakan pada Selasa, 18 Oktober di Pantai Indah Kapuk, Jakarta.
ESB Digital Resto bertujuan agar dapat memberikan fasilitas khusus bagi calon pengguna untuk mencoba langsung bagaimana ESB bisa sepenuhnya mendukung bisnis F&B dalam skala besar maupun kecil.
Kehadiran ESB Digital Resto ini menjadi terobosan baru untuk menghadirkan gambaran penuh serta literal bagaimana perangkat lunak ESB POS (Point-Of-Sale) dapat memberikan efisiensi dalam mengatur operasional sebuah usaha.

"Seperti kita ketahui masalah yang acapkali dihadapi para pelaku industri bisnis F&B ada 3, yang pertama adalah food cost, employee cost, dan location cost," kata Goenawan Woen, Chief Executive Officer ESB kepada media, Selasa, 18 Oktober.
Bukan hanya dapat touch and feel saja, di ESB Digital Resto ini pengunjung dapat melihat proses dan teknologi ESB melalui tablet yang tersedia secara runut mulai dari melakukan pemesanan, terintegrasi dengan jumlah stok, orderan masuk ke dapur, hingga berakhir di kasir untuk transaksi pembayaran.

Menariknya, ESB juga melibatkan pihak ketiga untuk menyediakan pasokan bahan makanan dan minuman untuk bisnis, pengiriman makanan, hingga pembayaran.
Gunawan Woen mengungkapkan bahwa tahun ini, ESB meluncurkan Digital Resto pertama yang bertujuan untuk memberikan knowledge dan experience secara immersive dan in depth melalui inovasi produk-produk yang synchronized dan bekerja sebagai ekosistem untuk menciptakan kemudahan penggunaan bagi pelanggan.
"Telah menjadi misi ESB membantu bisnis F&B meningkatkan profitabilitas mereka dengan menggunakan teknologi untuk meningkatkan penjualan dan meningkatkan efisiensi operasional," tambahnya.
ESB Digital Resto secara strategis diletakkan di PIK, mengingat area ini sedang sangat berkembang pesat bisnis F&B dari segala skala.
Platform teknologi ESB menghadirkan solusi F&B end-to-end yang unik dan berbasis cloud, untuk membantu restoran mengurangi biaya, mengelola operasi mereka, dan meningkatkan pengiriman online bagi para pemilik bisnis dan jika mereka masih belum dapat gambaran mereka bisa segera berkunjung ke ESB Digital Resto.
BACA JUGA:
Dalam implementasinya, fitur yang dimiliki pada ESB POS terbukti meningkatkan omzet para pelaku industri bisnis F&B karena sudah terintegrasi langsung dengan varian software lainnya seperti ESB Kitchen, ESB Resto, ESB Kiosk, ESB Loop, ESB Core, dan ESB Goods.
Lebih lanjut, ada juga support software untuk membantu para pelaku usaha memudahkan para pelanggan dalam memesan menu yang disuka melalui ESB Order yang sudah dilengkapi dengan mode dine-in, pick-up dan delivery
"ESB Digital Resto juga bertujuan untuk menginspirasi setiap pengusaha untuk mendapatkan kemudahan dalam menjalankan bisnisnya dan memaksimalkan keuntungan melalui produk kami yang customized sesuai kebutuhan para pelaku usaha, khususnya untuk operasi bisnis makanan dan minuman, termasuk restoran, cloud kitchen, warung makan, dan hotel." tutup Eka Prasetya selaku Chief Operational Officer ESB.