Kapan Stock Opname Dilakukan? Berikut Cara Efektif Mendata Persiediaan Barang
Ilustrasi stock opname (Unspalsh/Petrebel)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Stock opname adalah kegiatan yang sangat penting dalam perusahaan manufaktur. Kegiatan ini dilakukan untuk menghitung barang atau benda yang berkaitan dengan operasional perusahaan. Lantas, kapan stock opname dilakukan?

Istilah stock opname tentunya sudah tidak asing lagi bagi Anda yang bekerja di perusahaan manufaktur. Kegiatan stock opname cukup memakan banyak waktu karena harus melakukan pemeriksaan dan penghitungan barang di dalam gudang. 

Selain itu proses stock opname harus dilakukan secara teliti supaya tidak ada kesalahan atau catatan yang terlewat. Oleh karena itu, kegiatan stock opname dalam perusahaan perlu perencanaan atau jadwal yang tepat. Kapan stock opname dilakukan oleh perusahaan manufaktur?

Kapan Stock Opname Dilakukan 

Banyak perusahaan yang melakukan stock opname dalam periode tahunan. Namun setiap perusahaan menerapkan kebijakan masing-masing dalam pelaksanaan stock opname. Kapan sebaiknya dilakukan penghitungan stok barang sangat bergantung dari kebijakan perusahaan. 

Selain dalam periode tahunan, stock opname juga biasanya dilakukan per kuartal (4 bulan), triwulan (3 bulan), bahkan ada yang melakukan setiap bulan sekali. Namun kebanyak perusahaan menjalankan stock opname triwulan atau per kuartal. 

Kegiatan stock opname emang dilakukan periode waktu yang lama karena pelu mengecek detail semua barang dan kondisinya. Sementara stock opname yang dilakukan setiap awal bulan bertujuan untuk menekan risiko selisih dari stok. 

Kegiatan stock opname bisa dilakukan saat perusahaan sedang tidak beroperasi. Perusahaan bisa juga melakukan kegiatan ini di sela hari kerja. 

Cara Melakukan Stock Opname

Stock opname tidak dilakukan sembarangan atau asal mencatat dan menghitung persediaan barang. Stock opname harus dijalankan secara tepat dengan standar operasional prosesdur (SOP) sebagai berikut:

  1. Pergerakan barang masuk dan keluar dalam perusahaan dihentikan terlebih dahulu. Tujuannya agar tidak terjadi selisih kekurangan atau kelebihan saat penghitungan barang. Stock opname paling efektif dilakukan saat liburan sehingga tidak ada transaksi masuk dan keluar. 
  2. Apabila ada beberapa lokasi gudang maka kegiatan stock opname perlu dilakukan lebih dari satu orang agar kinerja lebih maksimal.
  3. Sebelum mulai melakukan stock opname, pastikan seluruh dokumen yang dibutuhkan sudah lengkap.
  4. Penghitungan perlu dilakukan secara cermat dan teliti untuk menghindari kesalahan data. 
  5. Setelah mengetahui hasil penghitungan fisik, selanjutnya dilakukan perbandingan catatan pada buku terkait jumlah barang yang tersedia di gudang. 
  6. Membuat laporan stok opname barang.
  7. Melaporkan hasil penghitungan stok barang. 

Langkah Melakukan Stock Opname Secara Efektif

Stock opname memang memakan banyak waktu karena jumlah barang yang dicatat sangat banyak dan prosesnya harus dijalankan secara teliti. Supaya kegiatan stock opname bisa lebih efektif, berikut sejumlah tips atau cara yang bisa Anda lakukan.

  1. Menyusun jadwal stock opname secara teratur. Untuk mengatur jadwal, Anda perlu memperhatikan jenis usaha karena ada barang-barang yang cepat menyusut dan tidak tahan lama. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan laporan penjualan di mana ada waktu-waktu krusial dan mengalami high season. 
  2. Melakukan pemetaan produk. Anda bisa memberikan tag atau sticker pada setiap stok barang agar lebih mudah menemukan barangnya.
  3. Membuat denah gudang penyimpanan. Anda bisa menggambar dena setiap rak penyimpanan agar lebih mudah menemukan letak barang. 
  4. Memisahkan stok barang dan stok lama. Anda bisa menaruh secara terpisah stok lama yang terjual dan belum terjual. Dengan cara ini, Anda bisa mengeluarkan stok lama terlebih dahulu. 
  5. Menugaskan staf atau pegawai yang kompeten. Pastikan pekerjaan stock opname dilakukan oleh tim khusus yang sudah ahli dalam menghitung barang dan memiliki konsentrasi atau ketelitian tingkat tinggi. 
  6. Memanfaatkan teknologi atau software akuntansi. Saat ini sudah banyak software akuntansi yang bisa Anda manfaatkan untuk memudahkan proses stock opname. 

Demikianlah penjelasan mengenai kapan stock opname dilakukan. Anda bisa menerapkan beberapa langkah di atas untuk membuat proses stock opname lebih efektif. Sementara waktu stock opname bisa Anda sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.