Film <i>Barbie</i> Resmi Dilarang Tayang di Vietnam
Stills Barbie (tangkapan layar)

Bagikan:

JAKARTA - Vietnam melarang penayangan film Barbie yang diarahkan Greta Gerwig. Dijadwalkan tayang pada bulan ini, pemerintah setempat menganggap beberapa bagian dalam film menampilkan peta wilayah yang diklaim oleh China di Laut China Selatan.

Pelarangan ini diumumkan Vi Kien Thanh selaku Kepala Departemen Perfilman Sinema di bawah Kementerian Budaya, Olahraga dan Pariwisata.

"Kami tidak memberikan hak tayang untuk film Amerika 'Barbie' untuk dirilis di Vietnam karena mengandung gambar sembilan garis putus-putus yang menyinggung," kata surat kabar pemerintah Tuoi Tre, mengutip Thanh mengutip Variety pada hari ini, Selasa, 4 Juli.

Bukan rahasia bahwa Vietnam dan China mengalami konflik atas klaim teritorial di daerah Laut China Selatan.

Ini bukan pertama kalinya sebuah film dilarang penayangannya di Vietnam. Sebelumnya, film Uncharted dan Abominable juga mendapat perlakuan serupa karena alasan yang sama.

Selain film, ada beberapa serial yang terdampak dari alasan tersebut yaitu Madam Secretary, Pine Gap, dan Put Your Head On My Shoulder.

Barbie merupakan film terbaru Greta Gerwig yang diproduksi Warner Bros. Film ini menceritakan petualangan Barbie mencari kebenaran di luar hidup yang ia tinggali selama ini.

Selain Margot Robbie sebagai pemeran utama, film ini juga menghadirkan sederet bintang papan atas seperti Ryan Gosling, Kate McKinnon, Issa Rae, Hari Nef, Alexandra Shipp, Emma Mackey, Sharon Rooney, Dua Lipa, Nicola Coughlan, Ana Cruz Kayne, Ritu Arya, Kingsley Ben-Adir, Simu Liu, dan lainnya.

Tidak berhenti di situ, film ini akan diisi dengan lagu-lagu yang diproduseri Mark Ronson. Dua Lipa merilis Dance the Night sebagai soundtrack pertama kemudian dilanjutkan dengan Nicki Minaj dan Ice Spice serta Aqua, Charli XCX, Karol G, Tame Impala, Ryan Gosling, Dominic Fike, HAIM, Kid Laroi.

Penyanyi Pinkpantheress serta Ava Max dan Gayle juga dikonfirmasi mengisi lagu dalam film ini. Grup K-pop FIFTY FIFTY akan berduet dengan Kali untuk sebuah lagu dalam film ini.

Adapun film Barbie akan rilis pada 19 Juli mendatang di bioskop Indonesia.