Biar <i>Gak</i> Merasa Bersalah, Lakukan 5 Hal Ini setelah Makan Porsi Besar
Ilustrasi yang perlu dilakukan setelah makan porsi besar (Freepik/yanalya)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Pada hari libur dan menghabiskan waktu bersama keluarga, makan kerap tak terukur. Sepiring makan porsi besar, tanpa disadari akan menyebabkan perut tak nyaman. Bahkan membuat seharian bawaannya ingin rebahan dan mengantuk. Nah, untuk mencegah hal yang tak diinginkan setelah makan porsi besar, Anda perlu melakukan aktivitas berikut ini.

1. Jalan kaki 10 menit

Berjalan-jalan di luar dapat membantu menjernihkan pikiran dan membantu tubuh mengatur kadar gula darah, saran Kristen Smith, MS., RD., coordinator operasi beriatrik di Piedmont. Jalan kaki setelah makan juga membantu metabolisme tubuh dan pencernaan.

2. Santai dan jangan stress

Seringnya, setelah makan porsi besar lalu panik dan merasa bersalah. Jangan terlalu keras pada diri sendiri, terutama jika Anda hanya makan besar bisa dihitung dengan jari dalam setengah tahun terakhir. Menurut penjelasan Smith dilansir Piedmont Healthcare, Rabu, 28 Juni, merasa bersalah setelah makan berlebihan menyebabkan perilaku makan berlebihan.

yang perlu dilakukan setelah makan porsi besar
Ilustrasi yang perlu dilakukan setelah makan porsi besar (Freepik/drobotdean)

"Banyak orang merasa jika mereka sudah makan berlebihan, mereka harus melanjutkan kebiasaan itu sepanjang hari dan mereka mungkin makan berlebihan dengan sisa makanan mereka. Daripada stres, santai saja dan hindari mengulangi perilaku ini,” pesan Smith.

3. Minum air

Teguklah air setelah makan, ini membantu membuang sebagian natrium yang telah Anda konsumsi. Tetapi jangan menenggak terlalu banyak air saat Anda kekenyangan. Tetap dengan empat hingga delapan ons setelah makan besar. Kemudian, usahakan untuk tetap terhidrasi sepanjang hari.

4. Konsumsi probiotik

Probiotik adalah mikroorganisme yang ditemukan dalam yoghurt. Selain itu, banyak makanan lain yang mengandung probiotik. Makanan tersebut dapat membantu meningkatkan pencernaan dan penyerapan makanan.

5. Rencanakan makanan berikutnya

Untuk jam makan berikutnya, penting untuk membuat rencana sisa hari itu. Hindari makan berlebihan pada waktu makan berikutnya. Lebih baik, makan dengan komposisi makanan seimbang mencakup protein tanpa lemak, buah-buahan, dan sayuran.

Smith juga menyarankan untuk mempraktikkan makan dengan penuh perhatian pada jam makan Anda selanjutnya. Berati, Anda perlu mengunyah makanan dengan saksama selama 20-30 kunyahan setiap suapan. Supaya tidak makan porsi besar, penting untuk fokus pada makanan yang dimakan. Hindari makan sambal duduk di depan televisi atau sedang bermain gawai.