Manfaat Yuzu, Jeruk Khas Jepang untuk Kecantikan Kulit Wajah
Ilustrasi (Karolina Grabowska/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Yuzu merupakan jenis buah jeruk yang mudah ditemukan di kawasan Asia Timur, khususnya Jepang. Selain kegunaannya menambah cita rasa makanan di dunia kuliner dan aromanya yang menyegarkan, yuzu juga menawarkan beberapa manfaat kecantikan.

Dilansir dari Times of India, Selasa, 27 Juni, berikut manfaat yuzu untuk kulit wajah.

Mencerahkan Kulit

Yuzu mengandung vitamin C tinggi. Vitamin C dikenal karena sifatnya yang mencerahkan dan meningkatkan warna kulit. Mengaplikasikan produk perawatan kulit berbahan dasar yuzu atau menggunakan ekstrak yuzu pada kulit dapat membantu membuat kulit tampak bercahaya dan warna kulit merata.

Perlindungan Antioksidan

Yuzu kaya akan antioksidan yang membantu melindungi kulit dari radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini dan kerusakan sel-sel kulit. Antioksidan dalam yuzu dapat membantu menetralisir molekul berbahaya, mengurangi tanda-tanda penuaan, dan membuat kulit tampak lebih sehat.

Menghidrasi Kulit

Ekstrak Yuzu dikenal memiliki sifat hidrasi dan melembabkan. Buah ini kaya akan minyak esensial yang dapat menutrisi dan melembabkan kulit, menjadikannya lembut, kenyal, dan terhidrasi dengan baik.

Revitalisasi Kulit

Yuzu mengandung asam alfa-hidroksi alami (AHA) yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan memperlihatkan kulit yang lebih segar dan lebih muda. Ini juga bisa membantu memperbaiki tekstur dan kehalusan kulit.

Relaksasi dan Pereda Stres

Aroma yuzu memiliki efek menenangkan pikiran dan tubuh. Memasukkan minyak esensial yuzu atau produk mandi yang berbahan dasar yuzu ke dalam rutinitas perawatan diri Anda dapat membantu meringankan stres, meningkatkan relaksasi, dan menciptakan suasana seperti di spa.

Manfaat Aromaterapi

Aroma yuzu yang segar dan membangkitkan semangat dapat digunakan sebagai aromaterapi untuk meningkatkan suasana hati, mengurangi kecemasan, dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan. Minyak esensial Yuzu dapat di-diffuse atau ditambahkan ke air mandi untuk meremajakan dan menyegarkan kulit.

Perlu dicatat bahwa meskipun yuzu menawarkan ragam manfaat kecantikan, namun hasil pada tiap individu dapat bervariasi. Jika Anda memiliki masalah atau kulit sensitif, maka disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit atau profesional perawatan kulit sebelum menambahkan produk berbasis yuzu ke dalam rutinitas skincare harian Anda.