Dampak Kepopuleran yang Dirasakan Siti Fauziah Usai Perankan Bu Tejo dalam Tilik
Siti Fauziah berperan sebagai Bu Tejo dalam Tilik (dok. WeTV

Bagikan:

JAKARTA - Karakter Bu Tejo yang diperankan Siti Fauziah dalam film pendek Tilik memberi kesan yang kuat kepada penonton. Aktris yang akrab disapa Ozy itu mengaku mulai dikenal orang banyak, khususnya masyarakat Yogyakarta.

Meski karakter Bu Tejo cukup menyebalkan, Ozy mengaku mendapat sambutan positif dari orang-orang yang ditemuinya. Bahkan, Ozy kerap diajak kalangan ibu-ibu, baik yang sudah lama dikenal maupun baru dikenal, untuk berkunjung ke rumah mereka.

"Kalau tahu ceritanya, kadang berpikir orang kepingin ikut gampar apa gimana, untungnya nggak. Selama ini tidak ada satupun. Yang sering terjadi justru ibu-ibu meminta saya untuk main ke rumahnya, nanti dimasakin makanan kesukaan. Berarti kan Bu Tejo dicintai," kata Siti Fauziah dalam konferensi pers virtual, Selasa, 16 Mei.

Siti Fauziah percaya bahwa penonton sekarang sudah cerdas dan tidak menelan mentah-mentah apa yang ditampilkan karakternya. Dari respon orang-orang atas perannya, Ozy menyebut para penonton sudah bisa mengambil nilai kebaikan dari karakter bu Tejo.

Ozy juga bicara pembelajaran yang ia dapat dari kisah dalam Tilik The Series, khususnya karakter Bu Tejo. Ia mengaku hanyut saat berakting memainkan perannya saat syuting.

“Persoalan berat yang dihadapi oleh bu Tejo mulai dari persoalan dengan suami, anak dan juga persoalan lainnya yang membuat saya menangis. Saya benar-benar menangis dalam scene ini,” tutur Ozi.

Dari karakter Bu Tejo, aktris 34 tahun itu juga belajar mengenai satu hal penting bagi kaum wanita. Ia melihat wanita harus memiliki kepercayaan diri dan juga mendukung wanita lainnya.

“Kodrat itu kan sesuatu yang kita bawa dari lahir. Berangkat dari situ, sebetulnya semua manusia punya hak yang sama untuk mengembangkan dirinya sebagai manusia. Implementasinya gimana menumbuhkan kepercayaan kepada diri sendiri dan mendukung orang lain,” pungkas Siti Fauziah.

Sebagai informasi, film pendek Tilik yang ditonton lebih dari 28 juta kali di YouTube hadir dengan babak baru Tilik The Series yang tayang di WeTV.