Bagikan:

JAKARTA - Anda dan pasangan mungkin tak terlalu pusing mengatur keuangan saat masih hidup berdua saja. Namun situasi pasti akan berubah menjelang kelahiran si kecil. Anda dan pasangan pasti kewalahan mengatasi biaya ekstra yang tak terelakkan lagi, seperti biaya persalinan, biaya pengasuh, biaya tempat penitipan anak, biaya perlengkapan bayi, dan lainnya.

Jalan keluar terbaik adalah menabung lebih awal untuk kebutuhan-kebutuhan si kecil, dan ikuti beberapa langkah berikut ini, melansir Times of India, Jumat, 12 Mei.

Persiapkan dana si kecil sebelum kelahirannya

Rencanakan ke depan dengan memperkirakan biaya kunjungan rumah sakit selama kehamilan dan biaya yang mungkin dikeluarkan selama persalinan. Perkiraan biaya akan bervariasi jika Anda merencanakan bayi melalui metode lain seperti IVF, inseminasi donor, pembekuan sel telur, ibu pengganti, dan adopsi.

Periksa juga jumlah uang yang dibutuhkan untuk melewati tahun pertama bayi. Ini bisa berupa apa saja mulai dari pakaian, furnitur, makanan, dan tagihan medis.

Beli barang yang benar-benar dibutuhkan

Setelah anak lahir, tak dapat dipungkiri lagi kalau hasrat berbelanja pernak-pernik bayi makin meningkat. Namun, tidak ada gunanya membuang terlalu banyak uang untuk pakaian sebab bayi Anda akan tumbuh besar dalam beberapa minggu ke depan. Investasikan pada hal-hal yang benar-benar dibutuhkan dan harus dibeli baru. Anda juga dapat berbagi daftar dengan orang terdekat untuk hadiah yang benar-benar Anda butuhkan selama baby shower Anda.

Buat dana darurat

Sangat ideal dan perlu untuk membuat dana darurat untuk berjaga-jaga. Pastikan Anda tidak menyentuh uang ini kecuali benar-benar darurat. Ini dapat membantu mengamankan Anda jika pengeluaran berlebih saat si kecil lahir atau benar-benar memiliki keadaan darurat yang harus dihadapi. Uang yang dihemat ini dapat memudahkan untuk menyerap semua biaya tambahan tersebut.

Jangan royal

Menyiapkan seluruh perlengkapan bayi memang menyenangkan. Tapi ingat, jangan tergoda membeli barang yang tidak penting. Pastikan Anda menerapkan pola mindful shopping agar pengeluaran Anda tidak melebihi budget. Jangan royal hanya karena Anda terlalu gembira menyambut kelahiran si kecil.

Ingatlah, kesenangan berbelanja hanya akan bertahan sebentar saja. Jika Anda terus membeli barang, dalam beberapa waktu barang-barang tersebut hanya akan menumpuk dan membuat kekacauan sebab sulit dibuang maupun disimpan. Mengasuh anak yang baik membutuhkan keseimbangan dalam segala hal, termasuk hal-hal materi dan immateri.