Kebutuhan Garam Anak-Anak yang Wajib Orang Tua Tahu
Kebutuhan Garam Anak-Anak (Gambar Anna - Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Nampaknya masih banyak orangtua yang masih belum memahami soal kebutuhan garam anak-anak loh. Pasalnya, banyak yang belum menyadari juga bahwa si kecil itu rentan mengalami kelebihan garam. Kenapa hal ini bisa terjadi? Yak arena biasanya mereka suka banget konsumsi makanan ringan yang tinggi kandungan garamnya. Tahukah anda, padahal kelebihan garam bisa jadi masalah loh!

Pasalnya, anak-anak membutuhkan garam namun tidak sebanyak kita orang dewasa. Perlu banget disesuaikan kebutuhan asupannya sesuai usia mereka. Jika berlebih ya bakal tahu sendiri akibatnya, kelebihan garam!

Bermacam produk dalam bungkusan sering menuliskan jumlah garam pada merek dengan memuat angka sodium saja. Sementara itu, jumlah garam sesungguhnya yakni 2, 5 kalinya dari isi sodium ataupun sodium yang tercetak pada kemasan. 

Kebutuhan Garam Anak-Anak

Selanjutnya ini merupakan jumlah kebutuhan garam pada anak berdasarkan umurnya yang butuh Kalian tahu: 

  • Anak usia 1–3 tahun: 2 gram per hari atau 0,8 gram sodium
  • Anak usia 4–6 tahun: 3 gram per hari atau setara dengan 1,2 gram sodium
  • Anak usia 7–10 tahun: 5 gram per hari atau setara dengan 2 gram sodium
  • Anak usia 11 tahun ke atas: 6 gram per hari atau 2,4 gram sodium

Kalian bisa mengecek label nutrisi pada beragam tipe makanan ataupun minuman bungkusan, semacam roti, sereal, serta susu, untuk memastikan jumlah garam yang tercantum di dalamnya.

Batasi pula mengkonsumsi tipe makanan yang melampaui banyak proses pada anak, semacam daging asap, sosis, ataupun nugget. Jauhi pula menambahkan garam pada jenis- jenis hidangan itu, sebab berpotensi membuat anak kelebihan garam.  

Jadi setelah mengetahui  kebutuhan garam anak-anak, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!