Terlalu Sering Menahan Kencing, Berpotensi Mengalami 5 Akibat Ini
Ilustrasi akibat menahan kencing (Freepik/benzoix)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Menahan kencing kerap dilakukan ketika sedang menempuh perjalanan jauh. Tetapi banyak sekali alasan lain yang menurut spesialis tidak akan membuat tubuh berterimakasih kalau Anda sering menunda buang air kecil.

Kandung kemih orang dewasa hanya mampu menampung sekitar 16 ons, atau dua cangkir atau 450 ml urin pada siang hari. Pada anak-anak, tentu akan memiliki kapasitas yang lebih sedikit. Berbeda dengan malam hari, kandung kemih bisa menampung sekitar dua sampai tiga kali kapasitas pada siang hari. Melansir Huffpost, Senin, 24 April, organ dapat meregang ketika tampungan dalam kandung kemih penuh. Maka membuang urin secara teratur wajib dilakukan untuk mengurangi risiko penyakit karena terlalu sering menahan kencing seperti berikut ini.

1. Kram panggul

Kram panggul bisa dialami karena otot sekitar kandung kemih terkepal agar tak ngompol. Maka ketika otot mengencang ketika menahan kencing, bisa mengakibatkan muncul rasa nyeri karena kram panggul.

akibat menahan kencing
Ilustrasi akibat menahan kencing (Freepik/jcomp)

2. Infeksi saluran kemih

Kencing yang ditahan, dapat menyebabkan bakteri berkembang biak dalam urin. Ini bisa mengakibatkan infeksi yang terjadi di sekitar saluran kemih. Penting diketahui, infeksi saluran kemih ini perlu menjalani pengobatan yang dipantau dokter ahli. Karena berkaitan dengan meningkatkan imun untuk melawan bakteri penyebab infeksi dan pertahanan tubuh.

3. Kerusakan pada otot dasar panggul

Kerusakan pada otot dasar panggul, terjadi karena berbagai faktor. Seperti sering mengangkat barang berat, kehamilan, dan bisa juga disebabkan sering menahan kencing. Kerusakan ini bisa menyebabkan inkontinensia urin, atau sulit mengontrol buang air kecil sehingga sering mengompol.

4. Kandung kemih meregang

Peregangan kandung kemih, bisa membuat area penampung urin ini berhenti terisi. Ini merupakan respons perintah dari otak untuk menghentikan kandung kemih diisi karena kencingnya kerap ditahan. Untuk itu, tidak ada alasan menyehatkan dari menahan kencing.

5. Batu ginjal

Kandungan mineral dalam urin yang menumpuk di kandung kemih, akan mengkristal dan terjadilah penyakit batu ginjal. Selain karena menahan kencing, batu ginjal juga disebabkan kurangnya minum air mineral atau tubuh kurang cairan sehingga mineral membatu dan menumpuk di ginjal.

Itulah kelima akibat sering menahan kencing. Banyak orang mengira bahwa menahan kencing bisa mengakibatkan kandung kemih pecah. Penting diketahui, pecahnya kandung kemih biasanya dipicu kondisi serius. Sangat jarang karena terlalu sering menahan kencing, tetapi penting untuk dilakukan adalah tidak menunda buang air kecil karena berisiko mengganggu kesehatan.