Penyebab Infeksi Saluran Kencing Pada Pria: Kenali Sebelum Terlambat
Penyebab Infeksi Saluran Kencing Pada Pria (Gambar Photo Boards - Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Saluran kemih Anda termasuk bagian tubuh Anda yang membuat urin dan membawanya keluar dari tubuh Anda. Lalu apa penyebab infeksi saluran kencing pada pria?

Untuk pria, bagian ini termasuk ginjal dan kandung kemih, serta ureter dan uretra. Ureter adalah tabung kembar yang membawa urin dari ginjal ke kandung kemih Anda. Uretra Anda adalah tabung tunggal yang membawa urin dari kandung kemih Anda melewati prostat Anda dan ke ujung penis Anda.

Jika bakteri tidak sehat menumpuk di mana saja di saluran kemih Anda, ini dapat menyebabkan infeksi. Dan sementara infeksi saluran kemih (ISK) lebih sering terjadi pada wanita, pria juga bisa mendapatkannya.

Penyebab Infeksi Saluran Kencing Pada Pria

Penyebab paling umum dari ISK di uretra adalah penyakit menular seksual. Klamidia dan gonore adalah dua PMS yang dapat menyebabkan ISK. PMS juga merupakan penyebab paling umum dari ISK pada pria yang lebih muda.

Masalah prostat juga dapat menyebabkan ISK. Pembesaran prostat (BPH) sering terjadi pada pria yang lebih tua dan dapat menghalangi aliran urin. Ini dapat meningkatkan kemungkinan bakteri menumpuk dan menyebabkan ISK.

Prostatitis, yang merupakan infeksi prostat, memiliki banyak gejala yang sama dengan ISK.

Diabetes dan masalah medis lainnya yang memengaruhi sistem kekebalan juga dapat membuat Anda lebih mungkin terkena ISK.

Komplikasi ISK

Jika tidak diobati, infeksi saluran kemih bagian bawah dapat menyebar ke ginjal Anda. Dokter biasanya dapat mengobati infeksi ginjal. Dalam kasus yang jarang terjadi, infeksi ginjal yang tidak diobati dapat menyebabkan penyakit ginjal kronis atau gagal ginjal. Infeksi ginjal bisa menjadi serius, karena bisa menyebabkan sepsis (infeksi pada aliran darah). Jika itu terjadi dan Anda merasa sangat sakit, Anda mungkin perlu dirawat di rumah sakit.

Mencegah ISK

Anda tidak dapat mencegah semua ISK, tetapi Anda dapat membantu memperkecil kemungkinannya. Mengenakan kondom saat berhubungan seks dapat melindungi Anda dari PMS, yang dapat menurunkan risiko ISK. Mengobati masalah prostat juga dapat menurunkan risiko Anda.

Jadi setelah mengetahui penyebab infeksi saluran kencing pada pria, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!