Normalnya Tidak Berbau, Tapi Kenapa Air Kencing Pesing? Cek Penjelasan Lengkapnya
Ilustrasi penyebab air kencing berbau pesing (Freepik/benzoix)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Kesehatan seseorang bisa diketahui dari bau air kencing. Selain mengetahui warna normal air kencing, baunya juga jadi indikator kesehatan saluran kencing dan kesehatan secara keseluruhan.

Air kencing normal tidak berbau. Tetapi kebanyakan bau urine dipengaruhi diet, vitamin, obat-obatan, dan tingkat hidrasi. Tetapi terkadang air kencing bau amonia atau bau pesing sebagai tanda peringatan dari masalah kesehatan yang perlu mendapat perhatian.

Petar Bajic, MD., ahli urologi dilansir Cleveland Clinic, Jumat, 21 Oktober, mengatakan kalau air kencing bau amonia bisa menjadi tanda infeksi saluran kemih (ISK). Bau amonia yang pesing dan mirip seperti belerang menunjukkan bahwa ada bakteri hidup di sekitar sistem kemih. Kemungkinan besar di uretra, ginjal, atau kandung kemih.

Urine yang menunjukkan tanda-tanda ISK mungkin berwarna keruh atau bahkan sedikit berdarah. Saat kencing juga mungkin menyakitkan yang diikuti demam dan kebingungan mental. Perlu Anda ketahui, ISK cukup umum dialami. Sebanyak 10 juta orang Amerika Serikat, jelas dokter Bajic, mengalami ISK dan memerlukan perawatan antibiotik. Infeksi ini lebih rentan dialami oleh perempuan dan orang dewasa yang lebih tua.

penyebab air kencing berbau pesing
Ilustrasi penyebab air kencing berbau pesing (Freepik/gpointstudio)

Penyebab air kencing bau pesing lainnya, antara lain, mengalami batu ginjal atau penyakit ginjal, penyakit hati, menopause, infeksi prostat, dan penyakit menular seksual atau klamidia.

Air kencing bau pesing atau aroma amoniak yang juga menandai kalau Anda kurang minum dan dehidrasi. Selain juga bisa dipengaruhi konsumsi makanan dan vitamin tertentu. Jika Anda membaui aroma pesing dan membayar kekurangan cairan tubuh, mungkin bau air kencing akan berubah normal. Tetapi jika tidak, segera periksakan ke profesional medis.

Air kencing sangat mungkin beraroma manis atau buah. Ini sebagai tanda peringatan diabetes atau hiperglikemia, kata dokter Bajic. Bau manis ini berasal dari tubuh yang mengeluarkan kelebihan glukosa. Tetapi kalau air kencing berbau manis dialami oleh  bayi, bisa mengindikasikan penyakit maple syrup yang merupakan gangguan metabolisme langka dan mengancam jiwa.

Nah, apakah pernah mendapati air kencing berbau busuk? Ada banyak alasan yang tidak berbahaya jika air kencing berbau belerang. Seperti sehabis makan sup asparagus, masakan berbumbu bawang putih, atau bawang bombay.

Tetapi urine yang berbau busuk dapat mengindikasikan salah satu dari dua gangguan metabolisme yang langka yaitu trimethylaminuria. Gangguan metabolisme ini dikenal sebagai TAMU atau sindrom bau ikan yang amis, di mana disebabkan tubuh tidak dapat memproses trimetilamina. Kalau mengalaminya, bau napas, kencing, dan keringan bisa sangat berbau amis. Kondisi ini didapat karena keturunan atau faktor lain. Tetapi meski tidak menyenangkan, TAMU tidak terlalu berbahaya.

Alasan kenapa urine berbau, karena 95 persen adalah air. Air ini merupakan sisa produk limbah, seperti kalsium, nitrogen, kalium, dan masih banyak lagi. Limbah tersebut disaring oleh ginjal yang mungkin saja tidak berbahaya meskipun bau air kencing pesing. Tetapi jika tetap bau seiring perubahan waktu dan gaya hidup, serta diikuti gejala lain, itu adalah kondisi yang perlu diselidiki lebih lanjut secara medis.

Terkait