Kerap Ganggu Aktivitas, Begini Cara Mudah dan Tepat Atasi Kandung Kemih Overaktif
Ilustrasi (Giorgio Trovato/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Kandung kemih overaktif atau dalam istilah medis dikenal dengan overactive bladder (OAB) merupakan suatu masalah pada fungsi penyimpanan kandung kemih yang menyebabkan dorongan tiba-tiba untuk buang air kecil, melansir Hello Sehat, Kamis, 30 Desember.

Menyadur laman Healthline, dorongan ini sulit dihentikan sehingga membuat Anda sering ke kamar mandi,  sulit menahan kencing, dan mengalami inkontinensia atau keluar urine tanpa sadar. Seiring waktu, gejala-gejala ini akan memengaruhi aktivitas sehari-hari hingga mengganggu kualitas tidur malam.

Ada banyak penyebab kandung kemih overaktif, termasuk penuaan, kondisi medis seperti penyakit Parkinson, obstruksi kandung kemih, dan lemahnya otot panggul. Ada juga yang tidak diketahui penyebabnya. Penyakit ini umum terjadi dan bisa sembuh dengan pengobatan.

Faktanya, beberapa metode pengobatan seperti herbal, rutin olahraga, dan terapi perilaku diketahui dapat membantu mengatasi kandung kemih overaktif. Sekitar 70 persen wanita yang menggunakan beberapa metode tersebut melaporkan bahwa mereka puas dengan hasilnya, menurut Harvard Health Blog. 

Tapi sebelum mencoba beberapa terapi berikut, harap konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda. Dan jangan mencampur ramuan ini dengan obat-obatan resep dokter sebab bisa memberikan efek samping yang tidak diinginkan.

Campuran herbal Cina

Gosha-jinki-gan (GJG) merupakan campuran dari 10 ramuan tradisional Tiongkok. Beberapa penelitian telah dilakukan pada obat herbal ini, dan peneliti menemukan bahwa GJG dapat menghambat kandung kemih overaktif dan secara signifikan meningkatkan frekuensi buang air kecil di siang hari.

Orang yang mengonsumsi 7,5 miligram GJG sehari juga melaporkan hasil yang lebih baik pada Skor Gejala Prostat Internasional (IPSS), dengan gejala sering buang air kecil. Obat herbal Cina lainnya adalah Hachimi-jio-gan (HE).

HE terdiri dari delapan bahan alami, beberapa di antaranya juga terkandung dalam GJG. Studi terdahulu menunjukkan bahwa HE memberi kontraksi pada otot kandung kemih sehingga dorongan buang air kecil dapat terkontrol.

Ganoderma lucidum (GL)

Juga dikenal sebagai jamur lingzhi, ekstrak dari Asia Timur ini digunakan untuk menyembuhkan banyak penyakit termasuk hepatitis, hipertensi, dan kanker. Dalam sebuah penelitian acak, 50 pria melaporkan penurunan gejala dalam penyakit prostat. Studi ini merekomendasikan 6 miligram ekstrak GL pada pria dengan gejala gangguan saluran kemih bagian bawah.

Rambut jagung

Rambut jagung merupakan bagian jagung yang tampak seperti benar kecokelatan. Surai jagung ini tumbuh di bagian bonggol. Sebenarnya, rambut ini sering menjadi bahan pengobatan tradisional Tiongkok sejak beberapa abad lalu. Bahkan, juga di beberapa negara lain seperti Prancis, Turki, dan Amerika Serikat. Salah satu khasiat rambut jagung yaitu mengatasi infeksi saluran kencing, memperkuat dan memulihkan selaput lendir di saluran kemih dan mencegah inkontinensia menurut International Continence Society.

Terkait