Bagikan:

JAKARTA - Karpet berfungsi menghangatkan lantai, menyuntikkan warna dan pola ke dalam ruang, dan menciptakan zona di tempat tinggal rumah Anda. Namun seiring waktu, sering kali muncul noda dan kotoran di karpet , jadi penting untuk mengetahui cara membersihkannya.

Melansir Better Homes and Gardens, Jumat, 14 April, langkah pertama membersihkan karpet adalah mengidentifikasi bahan karpet Anda. Hal ini penting dalam memperpanjang masa pakainya, karena bahan yang berbeda memerlukan metode dan bahan pembersih karpet yang unik.

Sedot karpet area besar untuk menghilangkan kotoran

Menyedot debu secara teratur adalah langkah pembersihan karpet terpenting yang dapat Anda lakukan. Jika karpet dapat dibalik, vakum kedua sisinya. Ini menghilangkan pasir dan kotoran yang dapat membuat karpet Anda aus sebelum waktunya. Berhati-hatilah untuk tidak menyedot pinggiran apa pun. (Matikan alat vacum saat menyedot karpet tercinta untuk mencegah kusutnya serat yang panjang.)

Sikat bulu hewan peliharaan

Penyedot debu terkadang meninggalkan bulu hewan peliharaan di karpet. Untuk itu, gunakan sikat kaku untuk menghilangkan segala jenis bulu maupun rambut dengan menyikat ke arah tumpukan karpet.

Balik permadani setiap tahun

Pijakan kaki yang berlalu lalang di atas karpet dan sinar matahari dapat memberi tekanan ekstra pada permadani. Untuk itu, balik karpet sekali atau dua kali setahun untuk meratakan keausan.

Kibas permadani kecil

Jika permadani yang Anda miliki berukuran cukup kecil, maka Anda dapat membawanya keluar dan mengibasnya atau memukulnya dengan kuat menggunakan sapu untuk menghilangkan kotoran dan pasir.

Cara Membersihkan Karpet Anyaman 

Untuk karpet kecil, periksa apakah ada jeda jahitan sebelum dan sesudah dibersihkan. Periksa label untuk menentukan apakah karpet anyaman dapat dicuci. Jika ya, letakkan di tas cucian jala. Cuci dengan air dingin dengan siklus lembut, bilas sampai bersih. Keringkan dengan suhu rendah.

Untuk membersihkan karpet kepang besar, letakkan di lantai vinil atau beton atau letakkan selimut tua di bawahnya. Gunakan spons di atas permukaan dan gosokkan sesuai dengan petunjuk produk. Akhiri dengan membilas atau vacum. Keringkan secara menyeluruh sebelum memasang karpet di lantai.

Cara Membersihkan Coir, Sisal, Rush, dan Grass Rugs

Karpet yang terbuat dari serat alami seperti coir, sisal, rush, dan rumput menampilkan tenunan terbuka yang memungkinkan kotoran masuk ke lantai di bawahnya. Karpet berbahan alami ini adalah pilihan populer yang diletakkan di depan pintu. Sering-seringlah menyedot debu, sesekali angkat karpet untuk menyedot lantai di bawahnya. Banyak dari karpet ini yang dapat dibalik; jika demikian, balikkan setiap kali Anda menyedot debu agar rata.

Cara Membersihkan Karpet Berbulu

Taburkan bedak tanpa pewangi pada karpet berbulu dan biarkan selama beberapa jam. Sapukan bedak pada karpet lalu kibaskan. Ulangi proses ini beberapa kali, tergantung panjang bulunya. Untuk membersihkan bagian belakang karpet jenis ini, gunakan kain katun bersih yang dicelupkan ke dalam air sabun hangat. Bersihkan semua kotoran atau tumpahan. Bilas dengan kain yang dicelupkan ke dalam air bersih dan biarkan hingga benar-benar kering sebelum dipasang kembali.