Vino G Bastian Terharu Saat Ziarah dan Tabur Bunga di Makam Buya Hamka
Vino G Bastian saat tabur bunga di makam Buya Hamka (Ivan Two Putra/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Menjelang penayangan film Buya Hamka, Vino G Bastian berziarah ke makam Abdul Malik Karim Amrullah atau akrab disapa Buya Hamka yang berada di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan.

Vino sendiri didapuk memerankan tokoh Buya Hamka mulai masa muda hingga ajal menjemput, dalam film yang diproduksi Falcon Pictures bersama Starvision itu.Dengan durasi film keseluruhan 7 jam, suami dari Marsha Timothy itu menjalani proses syuting selama 6 bulan dengan memerankan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) pertama itu.

Selain Vino, turut pula hadir Donny Damara yang juga membintangi film tersebut, Frederica dan Chand Parwez selaku produser, beberapa perwakilam keluarga besar Buya Hamka dam perwakilan MUI.

Vino dalam sambutannya di hadapan makam Buya Hamka dan mereka yang hadir mengatakan bahwa Hamka adalah tokoh besar yang sudah berbuat banyak untuk banyak hal.

“Begitu banyak yang mau disampaikan. Kalau kita mengenang Buya Hamka dengan adanya kita di sini, kita melihat di depan kita ada sebuah makam dari tokoh pejuang nasional, ulama besar dan jurnalis yang telah berjuang bagi negara, Islam dan juga keluarganya,” kata Vino G Bastian di hadapan makam Buya Hamka, Kamis, 30 Maret.

Aktor 41 tahun itu berharap film yang dibintanginya itu tidak hanya sekedar memberi hiburan bagi masyarakat Indonesia. Lebih jauh, Vino berharap Buya Hamka bisa lebih dikenal oleh masyarakat dunia.

“Semoga film ini bukan hanya memberikan hiburan, tapi juga menyebarkan tokoh besar ini. Bukan hanya di Indonesia, tapi juga di Malaysia, Brunei hingga Kairo,” ucap Vino.

“Kemarin saya dapat info kalau teman-teman di Malaysia juga sudah sangat menunggu film Buya Hamka ditayangkan di sana,” sambungnya.

Usai memberi sambutannya, Vino kemudian menaburkan bunga di makam Buya Hamka, dilanjutkan dengan menabur bunga di makam istri Hamka, Siti Raham dan Siti Chadidjah.

Irma Fahri, cucu dari Buya Hamka mewakili keluarga besar menyatakan rasa terima kasihnya. Baginya, adalah sebuah kehormatan ketika kisah kakeknya bisa ditampilkan dalam karya film.

“Ini suatu kehormatan buat kami sekeluarga, khususnya keluarga almarhum Buya Hamka. Saya surprise banget setelah melihat respon masyarakat setelah peluncuran trailer kemarin, banyak yang menyambut baik, alhamdulillah,” kata Irma.

Sementara itu, Frederica mengatakan bahwa setelah perilisan trailer pada 23 Maret kemarin, film Buya Hamka akan menggelar gala premiere pada 9 April mendatang, yang nantinya dilanjutkan dengan penayangan perdana di seluruh bioskop Indonesia pada 20 April.

“Kami senang lihat animonya yang besar setelah trailernya kami luncurkan. Dengan begitu kami menyampaikan akan melaksanakan serentak gala premiere film Buya Hamka di 18 kota seluruh Indonesia,” pungkas Frederica, produser film Buya Hamka.