Vino G. Bastian  Terharu Saat Tahu Ibunya Mualaf Disaksikan Buya Hamka
Vino G. Bastian (tangkapan layar)

Bagikan:

JAKARTA - Aktor Vino G. Bastian memerankan sosok Buya Hamka dalam biopik yang diarahkan Fajar Bustomi. Ternyata, jauh sebelum peran itu jatuh ke tangannya, ia sudah dekat dengan ulama besar itu.

Sang ayah, Bastian Tito diceritakan Vino punya hubungan dengan Buya Hamka. “Kalau dibilang cukup dekat mungkin saya kurang begitu jelas,” kata Vino G. Bastian pada media gathering film Buya Hamka, Kamis, 16 Desember.

“Buat saya ini sudah seperti jalan Allah. Almarhum Ibu saya itu seorang mualaf dan ketika dia mualaf, masuk Islam itu Buya Hamka yang memualafkan dan diantar ke rumah Buya Hamka oleh ayah saya,” jelasnya.

Selain itu, sang ayah juga diketahui mengoleksi buku karangan Buya Hamka begitu juga sebaliknya.

“Bapak saya kebetulan Minang. Ayah saya di rumah banyak sekali koleksi buku-buku Hamka mulai dari roman sampai buku tafsir,” kata Vino.

Dalam satu kesempatan, Vino juga sempat mendengar wawancara berisi fakta Buya Hamka membaca cerita silat, salah satunya Wiro Sableng yang dibuat oleh Bastian Tito.

Karena fakta dan sejumlah kedekatan itu, Vino G. Bastian dengan mantap mengambil peran sebagai Buya Hamka.

Selain Vino G. Bastian, film  Buya Hamka dibintangi Laudya Chintya Bella, Desy Ratnasari, Donny Damara, Ayudia Bing Slamet, Mawar de Jongh, dan masih banyak lainnya. Adapun rencananya film Buya Hamka akan tayang di bioskop pada tahun 2022.