Intip Potret Ajudan Pribadi Bergaya ‘Sultan’, Perjalanan Jadi Kuli Hingga Pamer Saldo Rp 13 Miliar
Ilustrasi potret ajudan pribadi (Instagram/@ajudan_pribadi)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Ajudan Pribadi, selebgram dengan nama asli Akbar Pera Baharudin dilaporkan sebagai pelaku penipuan sebesar Rp 1,35 miliar. Kemarin, Selasa, 14 Maret diamankan dan diproses kasusnya di Polres Metro Jakarta Barat. Sejak Minggu, Akbar diamankan di Makassar, Sulawesi Selatan. Siapa seorang berbadan tambun yang mengaku dulunya kuli kemudian jadi ‘ajudan pribadi’ dengan bergaya hidup seperti sultan ini? Intip potret dan profilnya berikut ini.

potret ajudan pribadi
Potret Ajudan Pribadi alias Akbar Pera Baharudin kendarai Lamborghini Aventador

(Sumber: tangkap layar Youtube/Ajudan Pribadi Official)

Melansir vlog YouTube akun Ajudan Pribadi Official, menjajal setir Lomborghini Aventador. Mobil mewah ini tidak murah, per 2023 dibanderol harga Rp 8,7 miliar. Dengan kalimat terbata, Akbar alias Ajudan Pribadi menjelaskan cara mengoperasikan mesin kendaraan mewah ini. Ucapnya, “Ini setutup..setup..setutup dan kalau dia makin nabrak harus disetup”.

potret ajudan pribadi
Potret Ajudan Pribadi (Instagram/@ajudan_pribadi)

Akbar kerap disorot sejak ia kerap mengunggah kebersamaannya dengan para pesohor di media sosialnya, Instagram. Mulai dari artis, selebgram, hingga pejabat tanah air.

potret ajudan pribadi
Potret Ajudan Pribadi dengan kantong belanja berlogo LV (Instagram/@ajudan_pribadi)

Salah satu momen yang mencengangkan, Akbar pernah memamerkan saldo yang tersimpan di rekening ATM-nya. Bukan hal yang mustahal bagi pekerja keras menyimpan saldo ratusan juta. Tetapi keajaiban untuk seorang ajudan memiliki saldo sebesar Rp 13 miliar.

potret ajudan pribadi
Potret Ajudan Pribadi (Instagram/@ajudan_pribadi)

Pernah suatu kali, Akbar mengunggah potret di depan frame logo dan penanda institusi. Potret di atas, berdasarkan penelusuran logo dan penanda institusi tersebut berada di Kedutaan Besar Rusia.

potret ajudan pribadi
Potret Ajudan Pribadi (Instagram/@ajudan_pribadi)

Tak hanya mobil mewah dan menunjukkan betapa ‘pentingnya’ pria yang mengaku sebagai ajudan dari Sekjen Asosiasi Jasa Konstruksi (Gapensi) Andi Rukman Karumpa. Akbar juga menunjukkan kehidupan mewahnya, seperti menginap di hotel mewah dan belanja merek fashion branded

potret ajudan pribadi
Potret Ajudan Pribadi saat bekerja sebagai kuli bangunan di Makassar (Instagram/@ajudan_pribadi)

Lewat vlog, Akbar bercerita tentang kehidupan masa belianya. Ia terpaksa berhenti sekolah karena tak punya biaya pada saat duduk kelas 2 sekolah menengah pertama. Sejak putus sekolah, berbagai macam pekerjaan dilakoninya. Mulai dari kuli bangunan, pemulung, penjual camilan dan tukang pijat di lapangan golf.

potret ajudan pribadi
Potret Ajudan Pribadi (Instagram/@ajudan_pribadi)

Kehidupan Akbar berubah signifikan sejak diangkat menjadi ajudan Andi. Namanya juga dikenal publik sejak diundang pernikahan putri presiden Jokowi, Kahiyang Ayu di Solo pada 2017 lalu. Tinggal di apartemen mewah seharga Rp 20 miliar, jadi satu kemewahan bagi seorang pria yang menyebut dirinya sebagai ajudan pribadi.