Bagikan:

JAKARTA - Pemeran sitkom Bajaj Bajuri dan sinetron Tukang Bubur Naik Haji, Mat Solar sudah lama tak muncul di layar kaca. Kondisi aktor 60 tahun itu sendiri sudah dalam keadaan yang tidak cukup baik untuk lagi berakting.

Popon, anak Mat Solar mengatakan bahwa ayahnya itu menderita stroke sejak lima tahun lalu. “Awalnya pas serangan pertama tuh di tahun 2016 atau 2017 kayaknya, pas saya SMP, udah lama,” kata Popon di Menteng Prapatan, Jakarta Selatan pada Selasa, 7 Maret 2023.

Sang anak mengatakan bahwa Mat Solar punya riwayat darah tinggi sebelum menderita stroke. Ia menceritakan bahwa pada awalmya, pemeran Bajuri itu terjatuh di kamar mandi, hingga akhirnya dilarikan ke rumah sakit.

Setelah menjalani pemeriksaan, Mat Solar dinyatakan menderita stroke. Pada awalnya, hanya tanan kiri yang tidak bisa digerakkan, namun saat ini sebagian tubuhnya tidak lagi bisa digerakkan.

Popon menjelaskan bahwa ayahnya saat ini hanya bisa berdiam diri. Sebagian besar aktivitasnya dihabiskan di atas kursi roda dan ranjang tempat tidur. “Kalau sekarang sih ayah cuma di kursi roda aja sih, tiduran, bengong gitu, nonton TV juga udah enggak, main HP juga enggak,” tuturnya.

Lebih dari itu, Mat Solar tak lagi bisa berbicara. Sang aktor berkomunikasi dengan menuliskan keinginannya di papan tulis kecil dengan tangan kanannya.

Berdasarkan pernyataan Popon, penyakit yang diderita Mat Solar saat ini dikarenakan gaya hidup, terutama caranya mengkonsumsi makanan yang selama ini tidak terlalu sehat.

Popon mengaku sangat khawatir melihat kondisi ayahnya saat ini. Ia takut jika kondisi ayahnya semakin memburuk. Namun, ia mengatakan belum putus harapan dan terus berdoa untuk kesembuhan sang ayah.

Saat ini, Popon mengatakan ayahnya masih menjalani pengobatan rutin. “Ayah tuh sekarang sebulan sekali check up, fisioterapi juga kakinya. Tapi, masih belum ada kemajuan,” pungkas anak Mat Solar.