Berapa Lama Kucing Bisa Ditinggal Sendirian di Rumah? Ini Penjelasannya
Ilustrasi meninggalkan kucing sendirian di rumah (Freepik/wirestock)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Kucing merupakan hewan peliharaan yang mandiri. Tetapi apabila ditinggal di rumah sendirian dalam beberapa waktu, mereka bisa merasa kesepian, bosan, dan stres. Menurut anjuran pakar, jika meninggalkan kucing di rumah sendiri pada siang hari, perlu memberikan fasilitas mulai dari liter box, makanan sesuai jam makan, tersedia minuman, dan mainan untuk mengurangi kesepiannya.

Pada umumnya kucing dewasa senang ditinggal sendirian di rumah selama 8-12 jam. Tetapi lebih dari waktu tersebut, kucing bisa bosan dan kesepian. Salah satu yang membantu, beri mereka hiburan dengan meninggalkan beberapa mainan yang aman. Melansir Rover, Jumat, 24 Februari, Anda bisa menyalakan radio atau televisi untuk menenangkan kucing. Asalkan dengan volume rendah, mereka akan merasa ada teman meski sendirian.

meninggalkan kucing sendirian di rumah
Ilustrasi meninggalkan kucing sendirian di rumah (Freepik/wirestock)

Bagaimana jika meninggalkan kucing sehari semalam? Secara umum, dokter hewan mengatakan tidak apa-apa membiarkan kucing sendirian selama 24 jam. Selama mereka memiliki liter box, akses air bersih, makanan lengkap, mereka berkemungkinan akan baik-baik saja selama ditinggal. Nah, apabila lebih dari sehari semalam, pikirkan kalau mereka terjebak dalam ruangan dengan makanan basi, air kotor, dan toilet mampet. Dengan begitu, pertimbangkan kemampuan kucing Anda sebelum meninggalkannya lebih dari 24 jam.

Anak kucing usia 3-6 bulan, umumnya membutuhkan tiga kali makan setiap harinya. Mereka perlu makan setiap 4-6 jam sekali. Selain itu, anak kucing sangat penasaran dan mungkin mencoba memanjat tirai atau memakan sesuatu yang tak boleh mereka makan selama Anda pergi. Untuk itu, atur keamanan sekitar rumah sebelum meninggalkannya beraktivitas. Tetapi baiknya, mintalah seseorang untuk memeriksa kucing pada siang hari.

Pada kucing lebih tua, mereka sangat sensitive terhadap perubahan rutinitas. Stres dapat berubah menjadi penyakit pada kucing yang lebih tua. Selain itu, kucing senior mungkin membutuhkan tambahan makanan atau obat pada siang hari. Untuk alasan ini, kucing yang lebih tua tidak boleh ditinggalkan semalaman.

meninggalkan kucing sendirian di rumah
Ilustrasi meninggalkan kucing sendirian di rumah (Freepik/fxquadro)

Jika Anda akan meninggalkan kucing sendirian selama lebih dari beberapa jam, Anda dapat menyiapkannya mereka makan sesaat sebelum Anda pergi, dan segarkan mangkuk air mereka sebelum Anda keluar dari pintu. Terakhir, tinggalkan mereka dengan kotak kotoran yang bersih.

Salah satu cara untuk meringankan waktu kucing sendirian di rumah adalah dengan mainan, papan pengasah kuku, dan bentuk mainan lainnya untuk membuat mereka sibuk seperti bola halus, bola berkerut, dan tikus catnip memberikan kesenangan saat Anda pergi. Anda juga dapat membiarkan TV pada volume rendah dengan program alam yang sedang berjalan.

Jika kucing Anda sangat ingin tahu atau nakal, siapkan ruang "aman-kucing" untuk mereka nongkrong saat Anda pergi. Karena kucing yang paling menyendiri pun membutuhkan seseorang untuk memeriksanya sekali sehari. Maka pertimbangkan minta tolong orang terdekat atau pengasuh hewan peliharaan untuk memberikan perawatan yang biasa dilakukan kucing Anda saat Anda pergi lebih dari 8-12 jam.