5 Alasan Kenapa Kucing Suka Menjatuhkan dan Merusak Barang di Rumah
Ilustrasi kenapa kucing suka menjatuhkan dan merusak barang di rumah (Freepik/wirestock)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Bagi Anda yang memelihara kucing di rumah, tentu tahu bagaimana perilaku si anabul yang suka bermain-main dan menjatuhkan barang. Tetapi ternyata tak karena dorongan bermain saja, kucing suka menjatuhkan dan merusak barang bisa didorong alasan berikut ini.

1. Naluriah

Sebagai predator, kucing terprogram untuk tertarik pada hal yang melampaui pandangan mereka. Itu berdasarkan naluri, kenapa kucing suka menjatuhkan barang karena mereka suka mengejar, menangkap, dan menggigiti benda tersebut. Tindakan yang paling merusak tetapi menggemaskan adalah dengan mendorong hingga jatuh atau memukul yang didorong naluri mereka.

2. Mencari perhatian

Kalau Anda sering menggendong kucing ketika mereka bersiap menyerang barang-barang di meja, karena mereka mencari perhatian tersebut. Maka ortu hewan peliharaan ini secara tidak sadar memperkuat perilaku “merusak” penataan barang di rumah. Penting diketahui, kucing adalah pembelajar yang cepat. Tidak butuh waktu lama untuk anabul mengenali bahwa untuk mendapatkan pelukan Anda dengan mulai mendorong gelas.

kenapa kucing suka menjatuhkan dan merusak barang di rumah
Ilustrasi kenapa kucing suka menjatuhkan dan merusak barang di rumah (Freepik)

3. Bosan

Apakah Anda meluangkan waktu bermain bersama anabul kesayangan di rumah? Ternyata ini penting untuk mencegah kucing menjatuhkan barang-barang karena bosan. Melansir PetMD, Selasa, 29 Agustus, kucing menghibur diri dengan merespons lingkungan tempatnya tinggal. Ketika mereka dibiarkan sendirian selama berjam-jam tanpa melakukan apapun atau tidak diajak berinteraksi, maka pernak-pernik Anda mungkin akan jadi alat permainan mereka.

4. Mencari kesenangan

Tentu kucing tidak mengenal gelas berbahan kaca yang bisa jatuh kalau disenggol. Maka dengan menyenggol atau merespons gelas untuk mencari kesenangan bisa membuat rumah sedikit berantakan dan butuh penanganan untuk membersihkan pecahan kacanya. Kucing tidak salah, karena secara alamiah mereka hewan mandiri yang mampu menghibur diri dengan cara yang sederhana meskipun merusak barang-barang di rumah.

5. Dianggap sebagai pengganggu

Seperti yang dijelaskan di atas, kucing adalah predator yang mengamati mangsanya sebelum menyerang. Kalau ada barang yang mengganggu pandangannya saat mengintai, mereka bisa menyingkirkan dengan lincah. Jadi, meski kucing Anda di rumah terlihat malas-malasan, mereka punya rasa ingin tahu tinggi dan suka menjelajah.