Apa Itu Steril Kucing? Ini Pengertian, Manfaat, hingga Perkiraan Biayanya
Ilustrasi kucing sterilisasi (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tak semua orang yang memelihara kucing tahu pengertian sterilisasi kucing. Istilah tersebut merujuk pada operasi pembedahan yang dilakukan pada kucing. Lalu apa itu steril kucing dan apa saja manfaatnya?

Pengertian Apa Itu Steril Kucing

Secara sederhana, sterilisasi kucing adalah operasi pembedahan medis yang dilakukan pada hewan kucing. Sterilisasi juga bisa disebut sebagai pengebirian. Tindak bedah sterilisasi kucing berupa pengeluaran organ reproduksi, baik pada kucing jantan maupun betina.

Sterilisasi kucing jantan dilakukan dengan cara mengangkat testis yang merupakan sumber sumber utama hormon testosteron. Operasi ini akan membuat kadar hormon pada kucing turun.

Sedangkan sterilisasi kucing betina dilakukan dengan cara mengangkat ovarium dan rahim dengan teknik ovariohisterektomi. Dengan demikian kucing tidak bisa hamil meski melakukan proses perkawinan dengan kucing jantan.

Pengebirian atau strerilisasi kucing adalah tindakan operasi untuk mengeluarkan organ reproduksi kucing, misalnya testis atau indung telur dari kucing. Strerilisasi kucing, baik pada kucing jantan maupun betina, disarankan untuk dilakukan di usia sekitar 4 bulan atau setelah kucing menyelesaikan vaksinasi utama.

Manfaat Steril Kucing

Manfaat utama steril kucing adalah untuk mencegah kucing melakukan perkembangbiakan. Namun tujuan sterilisasi tidak hanya itu saja. Beberapa manfaat steril kucing adalah sebagai berikut.

  1. Mengontrol Populasi

Kucing adalah hewan yang bisa melahirkan setidaknya 3 kali dalam satu tahun dengan estimasi jumlah bayi kucing yang bisa dilahirkan adalah dua ekor. Bagi pemilik kucing, kelahiran kucing kadang cukup merepotkan. Untuk mengurangi populasi kucing dalam satu rumah atau lingkungan, tindakan sterilisasi kucing perlu dilakukan.

  1. Mengurangi Kebiasaan Kucing Melakukan Penyemprotan Urin

Kucing melakukan penyemprotan urin untuk menandai wilayahnya. Kebiasaan alamiah ini terkadang mengganggu bagi pemilik rumah. Untuk mengurangi kebiasan  tersebut tindakan sterilisasi bisa dilakukan.

  1. Mengurangi Bau Menyengat Pada Urin Kucing

Bau urin kucing yang belum disterilisasi akan sangat mengganggu. Sedangkan setelah dilakukan steril bau urin kucing yang menyengat bisa sedikit berkurang.

  1. Mencegah Penyakit Pada Kucing

Manfaat sterilisasi juga berkaitan dengan kesehatan kucing. Penelitian mengatakan bahwa kebiri kucing bisa memperpanjang potensi hidup kucing karena hewan tersebut akan terhindar dari beberapa penyakit seperti infeksi dan kanker rahim hingga kanker ovarium. Sedangkan pada kucing jantan bisa mencegah kanker testis hingga masalah prostat.

  1. Mengurangi Perkelahian dan Menurunkan Risiko Kucing Celaka

Urin pada kucing berkaitan erat dengan teritorial kucing sehingga pengkebirian akan mengurangi hasrat kucing untuk menandai wilayahnya sehingga risiko perkelahian sesama kucing bisa berkurang dan risiko kucing untuk celaka karena faktor lain juga berkurang.

  1. Kucing Betah di Rumah

Kucing yang sudah disteril akan lebih betah di rumah sehingga pemilik bisa dengan mudah mengawasi kesehatan hewan peliharaan mereka.

  1. Menurunkan Risiko Stres pada Kucing

Kucing rentan stress saat musim kawin karena saat mereka menjelajah suatu kawasan dan tak menemukan betina, mereka akan stres dan rentan sakit.

Biaya Steril Kucing

Sterilisasi kucing bisa dilakukan di klinik yang memiliki dokter hewan. Biaya steril kucing pun beragam tergantung dari jenis kelamin, ras, hingga di mana pemilik melakukan operasi bedah tersebut. Patut diketahui bahwa biaya steril kucing betina biasanya lebih mahal karena tindakan bedahnya lebih rumit dibanding kucing jantan.

Secara umum, steriliasi kucing kampung atau domestik dikenai biaya mulai dari Rp200.000 hingga Rp350.000. Sedangkan untuk kucing ras biasanya sekitar Rp350.000 hingga Rp400.000.

Selain mengetahui apa itu steril kucing, kunjungi VOI.ID untuk informasi menarik lainnya.