Mengenal Taman Astrid Kebun Raya Bogor Dibangun 1929, Tempat Bulan Madu Raja dan Ratu Belgia
Jalan dan Taman Astrid di Kebun Raya Bogor (KRB)

Bagikan:

BOGOR - Kebun Raya Bogor bukan hanya menjadi tempat edukasi saja bagi warga Bogor maupun sekitarnya. Tempat ini juga memiliki banyak cerita sejarah. Salah satunya yaitu Taman Astrid.

Taman Astrid berada di Jalan Astrid Kebun Raya Bogor. Dibalik keindahan Taman Astrid ini, terdapat sejarah yang perlu kalian ketahui.

Jalan Astrid dibangun pada tahun 1929. Jalan ini dibangun dalam rangka menyambut kedatangan Ratu Astrid yang berasal dari Belgia.

Menurut Koordinator Pelayanan Kebun Raya Bogor Upun Punijar, nama Taman Astrid diambil dari seorang pembesar kerajaan Belgia.

Di tahun abad 19 awal ini, seorang raja dan ratu dari kerajaan di Belgia memilih Kebun Raya Bogor untuk menjadi tempat bulan madu.

Taman Astrid dibagi menjadi tiga bagian besar. Pertama yaitu jalan kembar, jalan ini terbagi menjadi dua bagian yang tepat di tengah jalan ini terdapat taman.

Kedua yaitu lapangan hijau, di Jalan Astrid terdapat lapangan hijau yang sangat luas dan bersih. Tempat ini biasa digunakan untuk acara kumpul bersama dan acara besar lainnya.

Ketiga yaitu kolam teratai raksasa, teratai raksasa atau yang memiliki nama latin Victoria Amazonica dapat kita temui di Kolam Astrid.

"Kolam ini sangat istimewa karena menjadi rumah untuk spesies teratai raksasa. Lebar daun teratai dapat mencapai 3 meter. Apabila bunga sudah berkembang dengan sempurna maka diameter dapat mencapai 40 cm dan panjang batangnya dapat mencapai 7-8 meter," kata Upun, Sabtu 11 Februari.

Kata dia,Teratai raksasa ini berasal dari sungai Amazon yang berada di Benua Amerika.

Sementara, jalan  indah yang penuh dengan sejarah ini identik dengan bunga tasbih  atau Canna Hybrida yang berwarna kuning dan merah.

Disebut sebagai bunga tasbih karena bijinya seperti bentuk biji tasbih. Bunga yang sangat indah ini berasal dari daerah tropis di Benua Amerika. Warna bunga yang didominasi oleh warna merah dan kuning itu melambangkan warna bendera Belgia.

General Manager Corporate Communication PT. Mitra Natura Raya (MNR) Zaenal Arifin yang mengelola Kebun Raya Bogor. menyebut, Taman Astrid Kebun Raya Bogor ibarat wajah yang apabila pria dia berparas tampan dan apabila wanita rupanya cantik dan menawan.

"Sebab Taman Astrid berada di dekat pintu masuk dimana setiap pengunjung yang masuk Kebun Raya Bogor langsung disambut oleh keindahannya, maka Taman Astrid akan selalu dijaga dan dirawat kebersihan dan estetika hortikultura nya" ujar Zaenal

Bunga Canna ini dijadikan sebagai pembatas di sepanjang Jalan Astrid karena bunganya berwarna-warni yang membuat sekitar area tersebut menjadi sangat indah. Cuaca di Kota Bogor yang tidak menentu, tidak menghalangi bunga Canna untuk mekar secara penuh di Kebun Raya Bogor.

Terkait