Bagikan:

JAKARTA - Kota Bogor, Jawa Barat, dikenal sebagai Kota Hujan. Bogor sudah menjadi destinasi wisata andalan bagi masyarakat daerah Jakarta dan sekitarnya. Kota Bogor memiliki destinasi wisata yang seru, unik dan penuh daya tarik.

Jika Anda mau liburan di objek wisata yang ada di sini, alangkah baiknya mengunjungi tempat wisata hits dan populer di Bogor. Berikut 5 tempat wisata di Bogor yang wajib dikunjungi, seperti dilansir dari laman Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemerintah Kota Bogor.

1. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor adalah kebun raya yang terletak di Jalan Ir. H. Juanda No. 13. Kebun Raya Bogor tidak hanya menjadi objek wisata alam, tetapi juga sebagai lokasi konservasi, edukasi, dan juga penelitian sumber daya alam. Kebun Raya Bogor juga menjadi ikon kota Bogor.

Tempat wisata yang dibangun pada 1817 oleh Pemerintah Hindia Belanda ini merupakan kebun raya tertua di Asia Tenggara. Mencakupi lahan seluas 87 hektare, Kebun Raya Bogor memiliki lebih dari 15.000 jenis tanaman. Pengunjung disuguhi pemandangan asri dan indah, sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat berlibur bersama keluarga. Bahkan, pengunjung dapat menemukan Rafflesia Arnoldii, atau bunga bangkai.

Untuk mengakses Kebun Raya Bogor dari daerah Jakarta dan sekitarnya, cukup menumpang KRL Commuter Line rute Bogor-Manggarai. Sesampai di Stasiun Bogor, pengunjung cukup berjalan kaki selama 13 menit dengan jarak 918 meter ke pintu 1 atau pintu 3 Kebun Raya Bogor.

2. Jbound

JBound merupakan salah satu tempat destinasi wisata untuk mengajak keluarga menghabiskan akhir pekan ataupun hari libur di wilayah bogor. Wilayah ini terbilang stategis , karena tempatnya yang tak begitu jauh dari Kota Bogor dan berada di sebuah perurmahan yang cukup terkenal yaitu Bogor Nirwana Residence di Jl. Bogor Nirwana Residence Dreded – Pahlawan Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat.

Tempat ini memiliki area seluas 26.778 m2, fasilitas yang ditawarkan JBound bervariasi, seperti Berbagai permainan ( Bola Air, Perahu Air, Bola Silinder, Kano, Flying Fox,Zip Line, Paint Ball, Panahan ), Gazebo dan Photospot.

Selain menyediakan arena bermain, JBound juga menyediakan zoo mini, dimana dalam kebun binatang mini itu ada rusa, kelinci dan lain-lain. Pengunjung juga dapat memberi makan secara langsung binatang.

3. Situ Gede

Jika ingin menghabiskan waktu berlibur ke Kota Bogor, Danau Situ Gede dapat menjadi pilihan yang tepat untuk berwisata karena beragam kegiatan dapat dilakukan sambil mengisi waktu berlibur. Situ Gede k di Kelurahan Situ Gede, Kecamatan Bogor Barat, sekitar 10 Kliometer dari pusat Kota Bogor, Jawa Barat.

Situ Gede menjadi sebuah obyek wisata yang menawarkan pemandangan alam yang asri dengan pepohonan hijau dan besar yang membuat suasana terasa sejuk berupa danau yang indah dan memukau seluas 6 hektar. Suasananya yang asri menjadi pilihan yang cocok bagi Anda untuk berlibur bersama keluarga.

Terletak ditepi Hutan Dramaga, di kawasan ini pengunjung bisa melakukan piknik, naik perahu dan bebek-bebekan, memancing, atau berjalan santai di kerimbunan hutan.

Danau ini memiliki fasilitas nyaman bagi pengunjungnya, diantaranya ada beberapa gazebo untuk duduk-duduk, toilet, dan warung makan. Fasilitas tambahan diantaranya taman, plang Ekowisata Situ Gede, dan jembatan dan juga jogging track sepanjang 1,6 kilometer.

4. Devoyage

Wisata Bogor Devoyage adalah salah satu destinasi populer di Kota Hujan. Jika tengah mencari tempat wisata untuk menyegarkan pikiran dan tak terlalu jauh dari ibu kota, tempat ini bisa jadi alternatif. Lokasinya ada di daerah Nirwana Residence, Jalan Indigo Raya, Mulyaharja, Bogor Selatan, Jawa Barat. 

Devoyage Bogor memiliki konsep taman berisi bangunan atau landmark terkenal dari berbagai negara Eropa. Maka, tak heran jika banyak orang berkunjung ke destinasi ini. Jarak Devoyage dari Stasiun Bogor di Cibogor adalah sekitar 7 kilometer (km) dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 22 menit, tentunya bergantung pada kondisi lalu lintas saat itu.

5. The Jungle Waterpark

Jungle Waterpark adalah salah satu destinasi wisata populer yang ada di Bogor. The Jungle Waterpark Bogor merupakan wahana air yang berada di lokasi pegunungan berhawa sejuk, dengan latar pemandangan indah.

Destinasi wisata ini mengusung konsep tema belajar dan bermain, berbasis panorama alam Indonesia.

The Jungle Adventure Bogor ini cocok banget buat Anda yang berlibur bersama keluarga, selain kolam renang dan wahana airnya, di sini juga ada berbagai macam wahana menarik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Seperti namanya, tentu aktivitas utama di The Jungle adalah taman bermain air. Tersedia berbagai jenis kolam yang dapat dijajal, seperti Kiddy Pool, Aqua Pool, Wave Pool, Leisure Pool, Tower Slide, dan Kawah Ratu atau kolam air hangat.