Bagikan:

YOGYAKARTA – Sumber Maron Malang adalah salah satu destinasi wisata yang berlokasi di Desa Karangsuko, Pagelaran, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Tempat wisata ini menyajikan keindahan alam pedesaan dan memberikan pengalaman baru untuk wisatawan yang ingin mencoba menelusuri sungai.

Wisatawan yang datang ke Sumber Maron tidak hanya berasal dari area Malang saja, namun dari berbagai kabupaten lain di Jawa Timur bahkan dari provinsi lain di Indonesia.

Daftar Wisata di Maron Malang

Destinasi wisata Sumber Maron jadi salah satu andalan pemkab Malang. Di tempat ini terdapat berbagai keistimewaan yang bisa dirasakan oleh pelancong yakni sebagai berikut.

  1. Memiliki Pemandangan Asri

Wisata Sumber Maron adalah wisata alam. Di tempat ini pengunjung akan disajikan pemandangan asri khas pedesaan. Selain itu penduduk desa di sekitar wisata juga ramah. Anda akan disambut dengan senyum penduduk desa dan keramahan mereka.

  1. Memiliki Sumber Mata Air Alami

Sumber Maron punya kolam yang bersumber dari mata air alami. Selain segar, air yang tertampung di kolam alami juga sangat segar dan jernih. Pengunjung bisa berenang atau sekadar bermain air di area ini.

Di area wisata juga terdapat air terjun mini yang jernih. Banyak pengunjungi yang bermain di sekitar air terjun. Selain itu tak jarang pula air terjun dijadikan sebagai latar belakang foto untuk diunggah di media sosial.

  1. Flying Fox

Pihak pengelola juga menyediakan wahana yang mampu memicu adrenalin yakni wahana flying fox yang membentang dari satu titik ke titik lain. Untuk mencoba wahana ini, biaya yang harus dibayar sebesar Rp15.000 per orang.

  1. River Tubing

Wisatawan yang berkunjung ke Sumber Maron bisa bermain air dan melakukan river tubing atau susur sungai. Pihak pengelola akan meminjamkan pelampung untuk Anda yang ingin mencoba susur sungai. Tak perlu khawatir dengan keamanan karena sungai yang disusuri berarus tenang dan tidak dalam sehingga cocok untuk pemula.

  1. Terdapat Wisata Edukasi PLTMH

Selain wisata alam, Sumber Maron juga menyediakan wahana wisata edukasi yang cocok untuk segala usia. Anda bisa mengajak anak-anak untuk belajar tentang teknologi pembangkit listrik tenaga mikro hidra (PLTMH).

PLTMH Sumber Maron dibangun pada 2005 silam dan listriknya disalurkan ke beberapa desa yakni Desa Sukosari, Karangsuko, Panggungrejo, dan Desa Gondanglegi Kulon.

  1. Terdapat Area Khusus Wisata Kuliner

Salah satu fasilitas yang tak kalah penting di Sumber Maron adalah keberadaan area khusus kuliner. Di tempat ini wisatawan akan menemukan berbagai makanan yang siap disantap dengan harga terjangkau. Di tempat ini Anda akan merasakan kuliner yang lezat dengan pemandangan asri.

Jadwal Operasional Sumber Maron

Sumber Maron dibuka untuk umum setiap hari, sehingga wisatawan bisa wisata di tempat ini kapan saja. Sedangkan jam operasional Sumber Maron adalah mulai pukul 8 WIB sampai dengan 18.00 WIB.

Harga tiket Sumber Maron juga terjangkau. Pengelola hanya mengenakan tarif tiket masuk per orang sebesar Rp3000. Selain itu Anda akan dikenakan retribusi parkir yang angkanya sesuai kendaraan. Parkir di Sumber Maron dikenakan Rp3000 untuk sepeda motor dan Rp5000 untuk mobil.

Fasilitas di Sumber Maron juga tergolong lengkap karena tersedia parkir, toilet, mushola, kamar mandi, loker dan ruang ganti.

Itulah informasi terkait Sumber Maron Malang. Untuk informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.