Harga Tiket Kereta Cepat Jakarta Bandung Sudah Keluar, Fasilitasnya Apa Saja?
Ilustrasi Kereta Cepat Jakarta-Bandung (Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Tahun 2023 nanti masyarakat sudah bisa menikmati Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung. Dengan adanya transportasi baru tersebut, waktu tempuh kedua Jakarta Bandung yang semula kurang lebih tiga jam menjadi 36-40 menit saja. Lalu, berapa harga tiket kereta cepat Jakarta Bandung?

Harga Tiket Kereta Cepat Jakarta Bandung

Harga tiket kereta api cepat bervariasi tergantung jarak dan tujuan. Informasi terkait harga tiket disampaikan oleh Direktur Manajemen Proyek dan Pengembangan Bisnis PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), Allan Tandiono. Berikut daftar harga tiket kereta cepat Jakarta-Bandung.

  • Harga tiket kereta cepat Jakarta-Bandung paling murah adalah Rp150.000 (rute terdekat)
  • Rute terjauh dari stasiun Halim ke stasiun Padalarang Rp350.000.

Patut diketahui bahwa harga tiket kereta cepat juga dibagi ke dalam tiga kategori, mulai dari second class hingga VIP.

  • Tiket Kereta Cepat Jakarta Bandung Second Class kisaran Rp250.000 – Rp300.000.
  • Tiket Kereta Cepat Jakarta Bandung First Class kisaran Rp400.000.
  • Tiket Kereta Cepat Jakarta Bandung VIP mulai Rp500.000.

Terkait cara membeli tiket kereta cepat Jakarta Bandung, belum ada pengumuman resmi dari pemerintah. Masyarakat masih harus menunggu skema pembelian yang akan diberlakukan untuk kereta baru ini.

Fasilitas Kereta Cepat Jakarta Bandung

Fasilitas yang ada pada Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) belum terungkap secara penuh. Namun beberapa sumber mengatakan bahwa penumpang akan mendapatkan fasilitas yang menunjang kenyamanan saat menggunakan transportasi terutama dari segi interior.

Kursi yang tersedia di KCJB disebut lebih besar yang dilengkapi pula dengan sumber listrik, port USB. Selain itu legroom lebih luas sehingga pergerakan penumpang sedikit leluasa.

Kecepatan CR400AF bisa mencapai 420km/jam dengan kecepatan operasional 350 km/jam. Meski mampu melaju cepat, kabin kereta lebih kedap suara. Penumpang akan sangat minim merasakan getaran dan suara dari luar maupun dari rangkaian kereta.

Yang menarik dari KCJB adalah teknologi yang diterapkan pada kereta yang memungkinkan kendaraan tersebut tetap aman sekaligus nyaman.

Dikutip dari situs resmi Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), kereta cepat yang digunakan adalah generasi terbaru CR400AF. Tipe itu hasil pengembangan dari kereta cepat generasi sebelumnya, CRH380A, yang dikembangkan oleh CRRC Qingdao Sifang.

Spesifikasi kereta cepat CR400AF memiliki lebar 3,36 m, tinggi 4,05 meter. Sedangkan panjang lokomotif 27,2 m dan intermediate kereta 25 m. Ukurannya lebih besar dari kereta generasi sebelumnya, namun perawatannya diklaim lebih murah dan mampu bertahan selama 30 tahun.

Kecanggihan teknologi yang ada pada KCJB sekaligus meningkatkan keamanan penumpang. Kereta cepat ini dilengkapi dengan lightning arrester di setiap gerbong sehingga penumpang tak perlu dengan sambaran petir.

Kereta juga didesain untuk bisa beroperasi di iklim tropis,  cuaca ekstrem, hingga cuaca dengan tingkat temperatur kelembapan yang tinggi seperti di Indonesia.

Selain itu kereta juga dilengkapi dengan dua rem darurat. Rem pertama adalah Emergency Brake EB yang bekerja berdasarkan perintah dari driver controller, rem darurat ini merupakanfasilitas keselamatan penumpang dan kontrol kewaspadaan masinis.

Selanjutnya adalah rem rem darurat Emergency Brake UB yang aktif secara otomatis berdasarkan fungsi Automatic Train Protection (ATP).

Keberadaan dua rem tersebut akan meningkatkan keamanan pada penumpang meski terjadi kesalahan sistem atau human error di tengah perjalanan.

Itulah informasi terkait tiket kereta cepat Jakarta Bandung. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.