Bagikan:

YOGYAKARTA – PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) selaku operator Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) alias Whoosh kembali memberikan promo tiket untuk perjalanan bulan Desember. Kendati demikian, promo tiket Whoosh bulan Desember nilainya lebih kecil ketimbang periode sebelumnya.

Diketahui, pada 18 Oktober hingga 30 November lalu, PT KCIC memberikan diskon atau potongan harga sebesar 50 persen dari total harga yang ditetapkan oleh pihak operator, yakni sebesar Rp300.000.

Dengan demikian, penumpang yang menggunakan layanan kereta cepat Whoosh pada periode tersebut hanya perlu membayar sebesar Rp150.000 untuk sekali perjalanan. Nah, pada bulan Desember, diskon harga tiket yang diberikan KCIC nilainya berkurang. 

Berikut informasi tentang promo tiket Whoosh bulan Desember yang perlu Anda ketahui.

Promo Tiket Whoosh Bulan Desember

Potongan harga tiket Whoosh yang diberikan oleh KCIC pada bulan Desember adalah sebesar 100.000. Ini artinya, masyarakat hanya perlu merogoh kocek sebesar RP200.000 untuk melakukan perjalanan dengan kereta cepat dengan kelas Premium Economy.

Akan tetapi, promo ini hanya berlaku untuk hari Senin sampai Kamis. Sementara Untuk hari Jumat sampai Minggu, tiket kereta cepat Whoosh kelas Premium Economy dibanderol Rp250.000.

Tarif tersebut sudah mencakup perjalanan KA Feeder gratis dari Stasiun Padalarang menuju Stasiun Banding, begitu juga sebaliknya.

Soal penerapan tarif promo tiket Whoosh bulan Desember, Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi menyampaikan bahwa pihaknya memberikan kesempatan yang lebih banyak pada masyarakat yang ingin menggunakan kereta cepat sebagai moda transportasi pilihan.

Sepanjang Desember 2023, aka nada 40 perjalanan per hari pada Senin hingga Kamis dan 48 perjalanan per hari pada akhir pekan, yakni Jumat hingga Minggu.

KCIC berupaya memberikan pelayanan terbaik untuk perjalanan kereta cepat Whoosh.

Pemberian diskon tiket pada bulan Desember juga menjadi salah satu upaya KCIC dalam menghadirkan berbagai program menarik untuk perjalanan kereta cepat Whoosh.

“Pendekatan responsif ini memungkinkan kami mengoptimalkan layanan, mengelola kapasitas secara efektif, dan mempertahankan standar layanan yang tinggi bagi penumpang kami,” tutur Dwiyana dalam keterangan resmi, Jumat, 24 November 2023, dikutip VOI.

“Kereta Cepat Whoosh adalah layanan kereta komersial sehingga penetapan tarifnya akan menggunakan strategy dynamic pricing dan mengikuti demand penumpang, saat high season atau low season,” sambungnya.

Okupansi Penumpang Kereta Cepat Whoosh

Sebagai informasi, sejak pertama kali dioperasikan pada 17 Oktober 2023 hingga 22 November 2023, kereta cepat Whoosh telah melayani 491.000 penumpang dengan okupansi rata-rata mencapai 80-90 persen di setiap rangkaian.

Rata-rata penumpang tertinggi mencapai 21.000 per hari pada saat akhir pekan dan 18.000 per hari pada saat hari kerja atau weekday.

Menurut penuturan Dwiyana, jumlah penumpang dan okupansi rangkaian tersebut menunjukkan tingkat kepercayaan dan minat positif masyarakat memilih menggunakan kereta cepat Whoosh.

Dia menambahkan, PT KCIC telah menjalin kerja sama dengan berbagai operator trasportasi publik untuk mengintegrasikan antarmoda supaya masyarakat lebih mudah mengakses stasiun kereta cepat.

Sebagai contoh, di Stasiun Halim terdapat LRT Jabodebek, Damri tujuan bandara Soekarno Hatta, Transjakarta, dan layanan khusus taksi konvensional.

Sedangkan untuk Stasiun Padalarang terdapat kereta pengumpan (feeder) untuk penumpang menuju Stasiun Cimahi dan Stasiun Bandung.

Selain itu, terdapat kereta Commuterline Bandung Raya dan Commuterline Garut yang dapat diakses langsung oleh penumpang kereta cepat Whoosh di Stasiun Padalarang.

Lebih lanjut, masih ada layanan Damri tujuan Stasiun Bandung yang melalui masjid Al Jabbar, Stasiun Gedebage, Metro Indah Mall, Trans Studio Mall, Jalan Asia Afrika, alun-alun Bandung dan Pasar Baru serta shuttle bus menuju area Summarecon.

Demikian informasi tentang promo tiket Whoosh bulan Desember. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.