Untuk Dandanan Bersahaja, Ikuti 5 Tips Memakai Lipstik Sesuai Bentuk Bibir
Ilustrasi tips memakai lipstik sesuai bentuk bibir (Freepik/racool_studio)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Secara umum terdapat empat bentuk bibir yang memiliki fitur dan karakteristik yang unik. Untuk berdandan, Anda perlu mengetahui bagaimana cara tepat untuk memoleskan perona bibir. Jangan sampai karena tergesa, jadi enggak memperhatikan fitur subtil dari bibir dan warna yang tepat.

Bentuk bibir hati sering dikaitkan dengan kemudaan dan vitalitas karena seringkali efek ‘cemberut alami’ membentuk penampilan dramatis. Berbeda dengan bibir berbentuk busur yang penuh dan montok dengan lekukan bagian tengah bibir atas. Kalau bibir bulat berbentuk lingkaran atau lonjong dan seringkali simetris serta bibir tipis yang minimalis namun manis. Untuk memaksimalkan bentuk bibir yang dimiliki, Anda bisa mengikuti tips dalam memakai lipstik berikut.

1. Seimbangkan dengan warna

Tips pertama dalam memakai lipstik untuk bibir bentuk hati, Anda bisa menyeimbangkan ketebalan bibir atas dan bawah dengan warna variatif. Bagian bawah bisa berwarna lebih gelap, sedangkan lebih light untuk bagian atas. Paling penting, Anda perlu menjaga kelembapan bibir agar tak pecah-pecah. Sebelum mengaplikasikan lipstik, pakaikan lipbalm atau pelembap bibir agar tetap terhidrasi dan sehat.

tips memakai lipstik sesuai bentuk bibir
Ilustrasi tips memakai lipstik sesuai bentuk bibir (Freepik/garetvisual)

2. Pakai lip liner untuk membentuk kontur

Kedua adalah tips untuk bibir busur Cupid yang mana perlu memakai lip liner. Kenapa? Karena dengan sapuan ringan garis bibir bagian busur Cupid, akan menegaskan bentuknya. Nah, soal warna Anda bisa memilih warna lipstik yang cerah atau lebih bold untuk menekankan bentuknya.

3. Hindari memakai lipstik matte untuk bibir bulat

Lipstik matte bisa membuat bibir terlihat lebih kecil dan kurang berisi. Sebagai gantinya, pilihlah lipstik dengan sentuhan mengkilap atau satin untuk meningkatkan kepenuhan bibir. Soal warna, pilih yang sesuai dengan warna kulit juga ya.

4. Pakai kuas bibir

Kuas bibir dapat membantu Anda mengaplikasikan lipstik dan lipgloss dengan lebih tepat. Ini juga akan menciptakan bentuk lebih jelas dan menghindari noda. Untuk bibir bentuk bulat, tampilkan sudut bibir dengan tegas menggunakan kuas.

5. Hindari warna gelap untuk bibir tipis

Warna gelap atau matte, dapat membuat bibir tipis terlihat lebih kecil dan tenggelam. Sebagai gantinya, pilih warna terang yang ceria dan berkilau untuk menyempurnakan tampilan bibir tanpa terlihat menor. Untuk memakai lipstik bibir tipis, Anda juga bisa menciptakan ilusi penuh dengan menambahkan highlighter pada bagian tengah bibir atas.